Hasil Final DFB Pokal 2021/2022: Bungkam Freiburg Lewat Adu Penalti, RB Leipzig Kampiun!

Minggu, 22 Mei 2022 - 04:36 WIB
loading...
Hasil Final DFB Pokal 2021/2022: Bungkam Freiburg Lewat Adu Penalti, RB Leipzig Kampiun!
RB Leipzig sukses mengangkat trofi DFB Pokal 2021/2022 usai mengalahkan Freiburg/Foto/Twitter/@DFB_Pokal
A A A
BERLIN - RB Leipzig sukses mengangkat trofi DFB Pokal 2021/2022 usai mengalahkan Freiburg lewat drama adu penalti pada laga final di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman, Minggu (22/5/2022) dini hari WIB. Tos-tosan dilakukan setelah hasil imbang 1-1 selama 120 menit.

Freiburg sebenarnya memiliki keuntungan besar untuk mengunci kemenangan karena unggul lebih dulu lewat gol Maximilian Eggstein (14’). Terlebih mereka diuntungkan karena RB Leipzig harus bermain dengan 10 pemain setelah Marcel Halstenberg diganjar kartu merah di menit ke-57.



Namun, secara mengejutkan, Leipzig berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Christopher Nkunku (76’), yang mana skor imbang bertahan hingga drama adu penalti.

Hasilnya, Leipzig berhasil keluar sebagai juara lewat drama adu penalti. Nkunku dkk unggul di babak adu penalti dengan skor 4-2 atas Freiburg.



Jalannya Pertandingan babakpertama kedua tim langsung tampil menyerang sejak dimulainya pertandingan. Freiburg dan Leipzig saling jual beli serangan guna mencetak gol keunggulannya.

Di menit ke-14, Leipzig mendapatkan peluang lewat tendangan yang dilesatkan Emil Forsberg. Namun tetapi, tendangannya itu masih bisa diamankan dengan sangat baik oleh kiper Freiburg, Mark Flekken.

Freiburg justru berhasil unggul 1-0 lebih dulu atas Leipzig. Adalah Maximilian Eggstein yang mencetak gol tersebut di menit ke-19 setelah tendangan kerasnya tidak dapat diamankan oleh Peter Gulacsi.

Leipzig pun mencoba untuk merespon gol tersebut. Tim besutan Domenico Tedesco ini melancarkan variasi serangannya. Namun tetapi, peluang yang mereka dapat belum ada yang berbuah gol. Salah satu peluang mereka tercipta melalui sontekan Christopher Nkunku di menit ke-24.

Setelah itu, pertandingan bisa dibilang berjalan cukup alot. Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit panjang babak pertama dibunyikan. Freiburg unggul sementara atas Leipzig dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Leipzig memainkan tempo yang cepat. Mereka berupaya untuk mengejar ketertinggalannya dari Freiburg. Tapi serangan yang mereka bangun masih berujung buntu.

Malahan, Leipzig justru mendapat nasib sial di menit ke-57. Pemain mereka yakni Marcel Halstenberg harus diganjar kartu merah oleh wasit. Praktis, tim arahan Tedesco itu bermain dengan 10 pemain.

Tentu ini bukanlah situasi yang bagus untuk Leipzig. Situasi ini jelas sangat menguntungkan Freiburg karena unggul jumlah pemain. Dan hampir saja di menit ke-59 mereka menggandakan kedudukan. Namun sayang tendangan yang dilesatkan Roland Sallai masih bisa ditangkap oleh Gulacsi.

Leipzig berhasil membuat kejutan di menit ke-76. Pasalnya, Nkunku sukses mencetak gol ke gawang Freiburg yang mana gol tersebut sekaligus membuat skor menjadi imbang 1-1.

Setelah itu, pertandingan berlangsung sangat sengit. Freiburg yang unggul jumlah pemain justru kesulitan untuk menembus pertahanan Leipzig. Alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan, skor tetap imbang 1-1. Pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Babak Perpanjangan Waktu

Kedua kesebelasan masih mencari-cari celah untuk bisa menambah pundi-pundi golnya. Freiburg mendapat peluang lewat tandukan Demitrovic di menit ke-93 namun masih bisa ditangkap oleh kiper Leipzig.

Freiburg yang unggul jumlah pemain justru kesulitan untuk menembus kokohnya pertahanan Leipzig. Hasilnya, skor 1-1 masih mewarnai jalannya pertandingan hingga babak pertama perpanjangan waktu usai.

Pada menit 109, Freiburg mendapat peluang lewat tendangan kencang Vincenzo Grifo. Namun lagi-lagi masih bisa diamankan dengan baik oleh Gulacsi. Sementara itu, Leipzig nyaris mendapatkan hadiah penalti di penghujung babak kedua perpanjangan waktu.

Tepatnya di menit ke-118 ketika Dani Olmo terjatuh di kotak penalti lawan. Akan tetapi, ketika wasit melakukan review melalui VAR, wasit menilai kalau itu bukanlah pelanggaran. Pada akhirnya, pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Babak Penalti

Lewat babak adu penalti, Leipzig berhasil menang atas Freiburg dengan keunggulan 4-2. Adapun dua pemain Freiburg yang gagal mengeksekusi penalti adalah Demirovic dan Gunter.

Susunan Pemain

Freiburg (3-4-2-1): Flekken; Gulde, Lienhart, Schlotterbeck; Kubler (Schmid 86’), Eggestein (Haberer 86’), Hofler, Gunter; Sallai (Demitrovic 79’), Grifo; Holer (Petersen 79’).
Pelatih: Christian Streich.

RB Leipzig (3-4-2-1): Gulacsi; Klostermann, Orban, Simakan; Henrichs, Laimer (Adams 99’), Kampl (Dani Olmo 69’), Halstenberg; Forsberg (Mukiele 61’), Nkunku; Andre Silva (Szoboszlai 61’).
Pelatih: Domenico Tedesco.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)