Kampiun Liga Konferensi Europa, AS Roma dan Jose Mourinho Ukir Sejarah

Kamis, 26 Mei 2022 - 06:00 WIB
loading...
Kampiun Liga Konferensi Europa, AS Roma dan Jose Mourinho Ukir Sejarah
AS Roma berhasil menjuarai Liga Konferensi Europa 2021/2022. Ini membuat I Lupi masuk buku sejarah sebagai juara perdana. Begitu pula Jose Mourinho. Foto: REUTERS/Florion Goga
A A A
TIRANA - AS Roma berhasil menjuarai Liga Konferensi Europa 2021/2022. Ini membuat I Lupi masuk buku sejarah sebagai juara perdana. Begitu pula Jose Mourinho lantaran jadi pelatih yang mampu memenangi tiga kompetisi Eropa berbeda.

Baca Juga: Skuad PSIS Semarang Segera Komplet, 4 Pemain Asing Bakal Merapat

Tammy Abraham dkk bisa berpesta di Arena Kombetare, Albania, Kamis (26/5/2022) dini hari setelah mengalahkan Feyenoord dengan skor 1-0.

Penentu kemenangan wakil Liga Italia itu adalah Nicolo Zaniolo. Dia berhasil merobek gawang utusan Liga Belanda itu setelah memaksimalkan umpan Gianluca Mancini pada menit ke-32.

Menurut laporan Opta, Roma menjadi klub pertama yang memenangkan kompetisi kasta ketiga turnamen sepak bola Eropa itu. Pasalnya, ini merupakan musim ini merupakan inagurasi Liga Konferensi Europa.

Tidak hanya itu, Mourinho juga menorehkan rekor sebagai pelatih dengan titel di tiga kompetisi Eropa berbeda. Sebelumnya, dia juga pernah memenangkan Liga Champions dan Liga Europa.

Bagi Roma, titel ini juga memiliki makna tersendiri. Soalnya, mereka terakhir kali meraih titel di kancah Benua Biru pada 1960/1961, saat menjuarai Piala Inter-Cities.

Roma juga menjadi penyelamat reputasi Italia. Sebab, mereka menjadi klub Italia pertama yang merebut trofi Eropa, sejak terakhir kali Inter Milan memenangkan Liga Champions 2009/2010 yang saat itu diasuh Mourinho.

Baca Juga: Final Liga Konferensi Europa AS Roma vs Feyenoord: I Lupi Juara

Sejauh ini Mourinho telah mengoleksi lima trofi kompetisi Eropa Rinciannya dua titel Liga Champions (FC Porto dan Inter Milan). Lalu, dua trofi Piala Eropa/Liga Europa (FC Porto dan Manchester United). Lalu yang terbaru tentu saja Liga Konferensi Europa bersama Roma.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1607 seconds (11.210#12.26)