IPSI Jabar pantau kekuatan atlet

Selasa, 22 Oktober 2013 - 23:40 WIB
IPSI Jabar pantau kekuatan atlet
IPSI Jabar pantau kekuatan atlet
A A A
Sindonews.com - Matangkan kekuatan atletnya, Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan pencak silat Seluruh Indonesia (IPSI) Jawa Barat akan pantau atletnya dalam beberapa kejuaraan.Sekretaris Umum (Sekum) IPSI Jabar, Dede Iman menuturkan, para atlet Jabar yang saat ini dipersiapkan untuk PON XIX 2016 mendatang akan terus dipantau untuk melihat perkembangan kemampuannya melalui kejuaraan.

Dede mengaku, menjelang akhir tahun 20013 ini terdapat bebrapa kejuaraan yang rencananya di gelar di Jabar. Salah satunya pada pertengah November 2013 mendatang, dimana para atlet Jabar akan mengikuti Kejuaraan Pangdam 2013 yang rencananya digelar tanggal 12-17 di GOR Tri Lomba Juang Bandung.

Dengan adanya kejuaraan itu juga, kata Dede, menjadi moment yang pas untuk digunakan atlet-atle daerah yang akan turun pada event Pekan Olahraga daerah (Porda) XII 2014 di Kabupaten Bekasi sebagai ajang ujicoba.

''Kami akan terus pantau pengingkatan kemampuan para atlet jabar di setiap kejuaraan sebagai bahan evaluasi ke depan. Selain itu juga kami pantau atlet-atlet daerah pada kejuaraan tersebut, mudah-mudahan memunculkan atlet potensial baru yang bisa kami bina selanjutnya untuk persiaan PON 2016 nanti,”terangnya.

Sementara itu, kekuatan para pendekar Jabar saat ini dinilainya sudah menunjukkan peningkatan yang cukup bagus. Hal itu terlihat saat tim Jabar kedatangan tamu dari tim silat Pelatnas yang disiapkan untuk SEA Games 2013 untuk uji coba. Dalam waktu yang bersamaan saat itu, lanjut Dede, datang juga tim SEA Games Filipian, dan SEA Games Brunai, sehingga dilakukan pertandingan segi empat.

''Hasilnya, Alhamdulillah memuaskan, bahkan atlet Jabar yang melawan Filipina dan Brunai semua menang. Atlet yang diturunkan yaitu atlet yang meraih medali pada PON 2012 lalu, ditambah atlet-atlet pantauan yang dipersiapkan Pengda IPSI Jabar untuk regenerasi,”tuturnya.

Dengan uji coba seperti itu, Dede menilai pihaknya sat ini bisa lebih menghitung kekuatan calon lawan di PON XIX 2016 nanti yang tergambar di tim SEA Games saat ini. ''Memang dari Jabar hanya satu yang memperkuat timnas untuk SEA Games, tapi dari bebrapa atlet Jabar yang tidak masuk Pelatnas juga sudah bisa mengimbangi atlet-atlet SEA Games yang notabene sedang ada di puncak-puncaknya,”kata Dede.

Sedangkan untuk persiapan Porda 2014, beberapa daerah sudah memperlihatkan geliatnya dengan menggelar kejuaraan di daerahnya masing-masing. Seperti daerah Cirebon dan Kabupaten Bandung yang sudah menggelar kejuaraan beberapa waktu lalu. Terutama untuk Kabupaten Bandung yang dinilai bisa membangkitkan semangat silat kabupaten Bandung yang sudah lama tertidur.

''Untuk kepengurusan di setiap Pengcab yang ada di Jabar, sudah diselesaikan secara organisasi, seperti Kota Bekasi, Kota Cimahi, dan terakhir Kabupaten Bandung. Kota Bekasi dan Cimahi sudah selesai Muscab pembentukan pengurus baru. Sedangkan untuk Kabupaten Bandung, Pengda IPSI Jabar sudah koordinasi dengan KONI Kabupaten Bandung untuk sementara ditunjuk karateker, sambil jalan akan melengkapi kepengurusan,”tandasnya.

Sehingga menjelang Porda XII 2014 nanti, semua Pengcab sudah memenuhi syarat organisasi. Babak kualiifkasi (BK) untuk cabor silat akan digelar 21-29 Desember 2013 di Bandung.

''Menjelang Porda terus kami benahi, baik dari sisi kepengurusan Pengcab, ataupun mendorong setiap daerah menggelar kejuaraan untuk seleksi atletnya atau sekedar uji coba. Karena bagaimanapun juga atlet-atlet daerah yang dipersiapkan untuk Porda juga menjadi bahan buat Pengda menilai dan melihat kemampuan mereka yang nantinya bagi yang berprestasi dipersiapkan turun di PON 2016,”tukasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8579 seconds (0.1#10.140)