Biodata Javier Fortuna, Sengatan The Bumblebee yang Ditakuti

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:22 WIB
loading...
Biodata Javier Fortuna, Sengatan The Bumblebee yang Ditakuti
Biodata Javier Fortuna, Sengatan The Bumblebee yang Ditakuti/Badlefthook
A A A
Biodata Javier Fortuna , sengatan petinju kidal The Bumblebee yang ditakuti pernah juara kelas bulu super WBA menggegerkan jagat tinju. Petinju bernama lengkap Javier Santiago Fortuna Fransisco lahir 15 Juli 1989 di La Romana, Republik Dominika.

Petinju kidal ini cukup ditakuti di kelas bulu super yang dibuktikan dengan sabuk juara WBA yang direbutnya pada 29 Mei 2015 setelah mengalahkan Bryan Vasquez. Rekor ring Javier Fortuna cukup bagus dengan 37 kali menang 3 kalah dan sekali seri. Dari 37 kali menang, Fortuna merobohkan musuhnya 26 kali.



Javier Fortuna dijuluki "El Abejon" (The Bumblebee) sesuai dengan kekuatan dan kemahiran, petarung yang halus dan memukul dengan keras. Lahir dan besar di Republik Dominika, Fortuna mulai bertinju sebelum mencapai usia remaja, mengikuti jejak kakak laki-laki Jonathon Alexander Fortuna.

Menurut Fortuna, mulutnya terus-menerus membuatnya bermasalah ketika dia masih kecil, menghasilkan banyak persoalan. ''Di rumah saya, sejak saya masih kecil, saya adalah seorang pengomel,” kata Fortuna dalam wawancara 2011 dengan Maxboxing.com. ''Dulu saya selalu berkelahi. Orang-orang biasa memberi tahu ibuku, 'Ini Javier berkelahi; inilah pertarungan Javier.''

Segera, Fortuna bertukar pertarungan di jalanan untuk bertarung di atas ring, memulai karier amatir yang sukses. Dia adalah anggota tim nasional Dominika, dan memenangkan medali perak di Pan American Games dan emas di Kejuaraan Nasional Dominika.

Fortuna melakukan debut profesionalnya dengan KO ronde pertama atas Ricardo Johnson di Santo Domingo pada Maret 2009. Memenangkan delapan dari 10 pertarungan pertamanya dengan KO, ia dengan cepat mulai memantapkan dirinya sebagai petinju yang apik namun kuat yang terampil bertarung secara agresif namun bijaksana.

''Saya memiliki beberapa pendekatan berbeda untuk tinju tergantung pada lawan yang akan saya lawan,” kata Fortuna kepada Maxboxing.com. ''Saya tidak mengatakan saya sudah berada di posisi teratas dalam hal lawan, tetapi saya suka bertarung seperti pertarungan Floyd Mayweather dan [Sergio] ‘Maravilla’ Martinez. Sejak saya masih kecil, saya sudah bertarung seperti itu.''

Pada Juli 2012, Fortuna mengalahkan mantan juara 57,1kg Cristobal Cruz, mendapatkan TKO ronde kedua untuk kemenangan terbesarnya hingga saat itu. Selanjutnya, pada duel besar keempat Manny Pacquiao dan Juan Manuel Marquez pada Desember 2012, ia menyerahkan prospek Irlandia Patrick Hyland kekalahan pertamanya, memenangkan gelar sementara 126 pon dalam prosesnya.

Setelah melawan Olympian Kuba Luis Franco dengan hasil imbang pada Agustus 2013, Fortuna akan segera naik beratnya menjadi 58,9kg. Dia mengalahkan keempat lawannya pada tahun 2014, diselingi oleh KO ronde kelima dari Abner Cotto pada bulan November dan penghentian putaran pertama dari Miguel Taveras pada bulan Desember.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)