Hasil Lengkap Cabang Esports di Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2022

Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:04 WIB
loading...
Hasil Lengkap Cabang Esports di Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2022
Ketua Umum Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA), RM Ibnu Riza Pradipto (dua dari kanan) saat estival Olahraga Rekreasi Nasional 2022. Foto: IST
A A A
PALEMBANG - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) resmi berakhir, Kamis, 7 Juli 2022. Ini merupakan penampilan ketiga Induk Organisasi (INORGA) Esports memeriahkan multi-event olahraga rekreasi terakbar di Tanah Air.

Dari segi penyelenggaraan yang berlangsung 6-7 Juli itu, INORGA Esports dinilai sukses. Bukan panggung yang disiapkan berstandar internasional tetapi juga pengelolaan pertandingan dilakukan secara profesional.



Kesuksesan INORGA Esports tidak membuat Ketua Umum Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA), RM Ibnu Riza Pradipto merasa puas. Karena, Ibnu, panggilan akrabnya, punya tanggung jawab membangun prestasi atlet Esports Indonesia ke depan dengan posisinya sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Esports Indonesia.

Tugas yang diberikan Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Budi Gunawan coba dijawabnya dengan membuat terobosan bagaimana Fornas sebagai wadah ajang kompetisi amatir bisa memunculkan atlet-atlet Esports potensial yang bisa diandalkan untuk memperkuat Kontingen Indonesia di ajang internasional. Apalagi, Esports telah resmi dipertandingkan pada SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou, China yang digelar tahun 2023.

"IESPA itu kan menginduk kepada PB ESI. Konsekuensinya, IESPA harus siap berkolaborasi dalam menopang program pembinaan PB ESI. Dan, saya sebagai Ketua BTN Esports Indonesia punya tanggung jawab untuk meningkatkan prestasi atlet Esports Indonesia ke depan," kata Ibnu yang ditemui usai acara penutupan Esports Fornas VI/2021 Palembang di Hotel Arya Duta Palembang, Sumsel, Kamis (7/7/2022).

Untuk itu, kata Ibnu, IESPA akan memasukkan nomor-nomor yang dipertandingkan pada SEA Games dan Asian Games dalam Fornas VII/2023 Bandung, Jawa Barat mendatang.

"Di Fornas VII/2023 Bandung, kita akan coba menambahkan nomor-nomor Esports di SEA Games dan Asian Games. Jadi, FORNAS sebagai ajang kompetisi amatir untuk menjaring atlet-atlet Esports potensial. Dengan kata lain, FORNAS menjadi salah satu saluran bagi atlet amatir untuk tampil mewakili Indonesia di ajang internasional," jelasnya.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung, Anshori Djausal mendukung keinginan IESPA menambah nomor-nomor SEA Games dan Asian Games pada FORNAS VII/2023 Bandung.

"Ya, Fornas ini bukan hanya sekadar olahraga rekreasi tetapi juga bisa dijadikan saluran bagi atlet-atletnya untuk memperkuat Kontingen Indonesia. Dan, KORMI Lampung siap mendukung program IESPA," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)