4 Kontroversi Piala AFF U-19 2022: Libatkan Fans, Wasit dan Timnas Indonesia

Selasa, 12 Juli 2022 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Dalam laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, pemain kedua tim sama-sama mengulur waktu setelah kedudukan 1-1 hingga pertandingan selesai. Para pemain hanya passing tanpa ada keinginan melakukan serangan. Bahkan kedua pemain pura-pura jatuh di lapangan dengan alasan kelelahan.



PSSI resmi melayangkan surat protes kepada AFF yang meminta dilakukan investigasi dugaan sepak bola gajah dalam pertandingan Thailand U-19 vs Vietnam U-19. PSSI meminta AFF melakukan penyelidikan terutama di 27 menit terakhir ketika kedua tim mengulur waktu dan pura-pura jatuh yang dianggap melakukan tindakan tidak fair play.

4. Aturan Head To Head Masih Dipakai AFF

Aturan head to head dipakai AFF dalam menentukan tim mana yang akan lolos ke babak berikutnya jika di akhir pertandingan grup memiliki nilai sama. Aturan head to head ini dianggap kuno karena FIFA dan AFC tidak lagi memakai sistem penentuan sebuah tim lolos.

Padahal aturan head to head ini sudah disepakati sebelum turnamen Piala AFF U-19 2022 tapi memicu ketidakpuasan pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Akibat head to head inilah yang memicu kontroversi sehingga Timnas Indonesia tersingkir menyakitkan.

Padahal, Timnas Indonesia finis di posisi ketiga klasemen terakhir Grup A dengan nilai sama 11 seperti yang ditorehkan Vietnam dan Thailand. Timnas Indonesia U-19 tersingkir setelah kalah selisih head to head dengan Thailand U-19 dan Vietnam U-19. Timnas Indonesia hanya bermain imbang 0-0 melawan Thailand dan Vietnam di laga Grup A. Sedangkan Vietnam vs Thailand di laga terakhir berakhir 1-1.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)