Mengenal 4 Jenis Pukulan Dasar dalam Olahraga Tinju

Selasa, 19 Juli 2022 - 09:00 WIB
loading...
Mengenal 4 Jenis Pukulan Dasar dalam Olahraga Tinju
Tinju merupakan salah satu olahraga bela diri yang menampilkan dua orang saling beradu pukulan di dalam ring. Sedikitnya ada empat jenis dasar pukulan. Foto: Ilustrasi/wallpaperbat
A A A
JAKARTA - Tinju merupakan salah satu olahraga bela diri yang menampilkan dua orang saling beradu pukulan di dalam ring. Sedikitnya ada empat jenis dasar pukulan pada olahraga tinju.



Dalam sejarahnya, tinju menjadi salah satu olahraga favorit di dunia. Olahraga ini juga telah melahirkan legenda-legenda seperti Muhammad Ali, Mike Tyson, dan lainnya.

Sama halnya dengan olahraga lain, tinju juga memiliki teknik dan cara bermainnya sendiri, termasuk jenis pukulan dasarnya.



Melansir dari Way of Martial Arts, berikut beberapa jenis pukulan dalam olahraga tinju yang perlu diketahui.

1. Jab

Pada pengertiannya, jab merupakan pukulan cepat dan lurus serta menargetkan bagian wajah lawannya. Pukulan ini membentang dari sisi badan dan menerjang dengan cepat kepada lawan.

Jab dianggap sebagai pukulan paling penting bagi petinju. Pukulan ini memiliki jangkauan terpanjang dari semua pukulan dalam tinju.

Karena kekuatannya yang relatif lemah, biasanya petinju menggunakan Jab sebagai pukulan untuk mengukur jarak, menguji pertahanan lawan, dan mempersiapkan pukulan yang jauh lebih kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)