Mikel Arteta : Liverpool Jadi Inspirasi Arsenal

Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:09 WIB
loading...
Mikel Arteta : Liverpool Jadi Inspirasi Arsenal
Mikel Arteta terinspirasi Liverpool yang mampu bangkit dan menjadi juara Liga Primer Inggris musim ini. Foto : Reuters
A A A
LONDON - Sukses Liverpool menjadi juara Liga Primer Inggris di bawah komando Juergen Klopp telah menginspirasi Mikel Arteta . Sebagai pelatih, Arteta ingin meniru sukses Klopp untuk membangun Arsenal lebih berprestasi lagi.

Liverpool berhasil angkat trofi setelah menunggu selama 30 tahun. Kepastian itu pun diperoleh menyusul kekalahan Manchester City atas Chelsea . (Lihat juga : Liverpool Resmi Juara Usai Chelsea Kalahkan Man City 2-1 )

Jika dibandingkan dengan Liverpool, apa yang ditunjukkan Arsenal selama masa penantian The Reds terbilang lebih bagus. Mereka bisa memenangkan empat gelar dan di klasemen posisi Arsenal lebih baik saat kali pertama Klopp menukangi Klopp pada musim 2015/2016.

Tapi perubahan dilakukan Klopp. Dengan kesabarannya, Klopp mampu meningkatkan mental pemain sehingga dua kali tercatat unggul atas Arsenal dalam perolehan poin dari 31 pertandingan. (Baca juga : Para Pemain Liverpool Pantas Jadi Legenda )

Berkaca dari sukses Klopp, Arteta yang ditunjuk sebagai pelatih The Gunners pada Desember lalu terinspirasi raihan sukses tersebut. Ia berpikir harus mampu mendongkrak motivasi pasukannya di musim depan. (Baca juga : Dongeng 30 Tahun Berakhir, Ian Rush: Liverpool Bakal Pertahankan Gelar Tahun Depan )

"Mereka berada di posisi yang sangat sulit empat tahun lalu dan mereka membuat banyak keputusan yang tepat - beberapa keputusan sulit, beberapa keputusan tidak populer tetapi keputusan yang tepat untuk mereka. Liverpool sangat konsisten dengan pesan mereka, pesan yang sangat jelas dari atas ke bawah, dan mental yang kejam untuk menjalani setiap pertandingan dengan mentalitas untuk memenangkan permainan,"kata Arteta dikutip Fox Sport, Sabtu (27/6/2020).

"Mereka datang sejauh sebagai klub dan sebagai tim dalam beberapa musim terakhir. Saya pikir mereka menetapkan budaya klub yang sangat jelas bahwa mereka dapat menularkannya kepada pendukung dan menghasilkan kepercayaan,"

"Saya pikir mereka memiliki filosofi yang sangat jelas dengan cara mereka ingin bermain, cara mereka mendekati setiap pertandingan, dan kemudian mereka memiliki rekrutmen yang sangat bagus. Mulai dari staf dan pelatih serta semua pemain yang mereka tandatangani," papar Arteta.

Dan target paling realistis yang dibidik Arteta musim ini adalah Piala FA . Sebab jika menginginkan tiket Liga Champions musim depan rasanya mustahil mengingat mereka terpaut 11 poin dari posisi empat besar yang masih diduduki Chelsea. (Baca juga : Juergen Klopp: Beri Tahu Dunia, Liverpool Juara Liga Inggris! )

Nah, di Piala FA ini Arsenal akan bentrok dengan Sheffield United . Duel perempat itu sendiri akan berlangsung di Bramall Lane, Minggu (28/6/2020) malam. (Baca juga : Catat, Jadwal Perempat Final Piala FA 2019/2020 )

"Kami sangat gembira (menyambut pertandingan di Piala FA). Ini adalah kompetisi yang sangat terkait dengan klub di mana kami lebih dari siapa pun di negara ini. Para pemain bersemangat, memiliki kesempatan untuk pergi ke Wembley. Ini adalah kesempatan yang istimewa sehingga kami akan berusaha keras. Kami pasti akan menghadapi lawan yang sulit, tetapi pemain sangat gembira tentang hal itu." (Lihat juga : Dua Klub Inggris Tempati Tahta Klub Sepakbola Terkaya Dunia, Ini Analisa Pengamat )
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8999 seconds (0.1#10.140)