Ini Perbedaan Turnamen EAFF dan AFF, Timnas Indonesia Mau ke Mana?

Senin, 25 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
A A A
Paling utama tentunya Piala AFF. Kemudian, ada pula Piala AFF untuk U-23, U-19, U-16. Semua turnamen itu juga ada untuk wanita.

Lalu Piala AFF Futsal, Piala AFF Sepak Bola Pantai dan SEA Games. Sedangkan di level klub ada Piala ACC, AFF Futsal Cup. Dan, kabarnya saat ini sedang menggagas Liga Super ASEAN.

Lalu bagaimana dengan EAFF? Sama seperti AFF, federasi ini juga tidak dinaungi FIFA. Namun, pesertanya ada yang merupakan tim kuat di Asia.

EAFF terdiri dari 10 negara, yakni Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Hong Kong, Taiwan, Macau, Guam, Mongolia dan kepulauan Mariana Utara.

Tapi, turnamen yang diselenggarakan EAFF tergolong sedikit. Di federasi ini hanya ada Piala EAFF E-1, Futsal Youth Games dan Piala EAFF Futsal. Tidak ada turnamen untuk klub.

Sedangkan untuk wanita hanya ada Piala EAFF E-1 dan Futsal Youth Games. Artinya, tidak ada turnamen untuk kelompok umur seperti di AFF. Namun, rencananya pada 2023 nanti akan digelar Piala AFF-EAFF.

Ada keuntungan dan kerugian bila Indonesia gabung EAFF. Pengaruh positifnya, kualitas skuad Garuda bisa lebih berkembang karena akan bertemu tim berat macam Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China dan Hong Kong.



Namun, dampak negatifnya juga cukup memusingkan. Salah satunya tidak ada ajang bagi pemain muda atau junior untuk mencari pengalaman di turnamen internasional. Ini dapat menghambat Indonesia dalam proses regenerasi.
(mirz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)