Pagar Pembatas Stadion JIS Roboh, Pengelola Tingkatkan Pengawasan di Event Besar

Selasa, 26 Juli 2022 - 23:59 WIB
loading...
Pagar Pembatas Stadion JIS Roboh, Pengelola Tingkatkan Pengawasan di Event Besar
Pengelola JIS mengevaluasi pascarobohnya pagar pembatas tribun/Foto/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
A A A
JAKARTA - Pengelola Jakarta International Stadium ( JIS ) mengevaluasi pascarobohnya pagar pembatas tribun saat Grand Launching, Minggu (24/7/2022). Mereka akan meningkatkan pengawasan terutama saat event-event besar.

Grand Launching JIS itu dipadati penonton yang hadir. Acara tersebut selain dimeriahkan penampilan dari artis-artis ternama tanah air, juga mempersembahkan pertandingan yang menarik perhatian. Di mana, klub kebanggaan Ibu Kota Persija Jakarta melawan klub Liga 1 Thailand, Chonburi FC.



Besarnya antusias penonton terutama pendukung Persija, The Jakmania, membuat stadion berkapasitas 82 ribu penonton ini membeludak. Terlihat tak ada satupun bangku kosong di sana.

Namun, saking penuhnya, sejumlah suporter memilih duduk atau mendukung dari tempat yang tidak semestinya. Termasuk di pagar pembatas (horizontal barrier) yang berada menempel dengan tribun.

Baca juga: Hasil Piala AFF Wanita U-18 2022: Thailand Bantai Singapura, Geser Posisi Indonesia


Akibatnya, pagar pembatas terutama di tribun Utara stadion ini roboh. Hal ini pun menjadi evaluasi dan perhatian pihak Jakpro selaku pihak utama dalam pembangunan stadion ini.

Dari rilis yang disebarkan pada Selasa (26/7/2022) disebutkan penumpukan penonton dalam satu lokasi yang tidak sesuai kapasitasnya mengakibatkan tidak berjalannya prosedur yang sudah direncanakan. Ini menyebabkan perilaku penonton tidak terkendali dan mengakibatkan tindakan yang diluar kontrol petugas di lapangan.

VP Corporate Secretary Jakpro, Nadia Diposanjoyo memberikan evaluasi ke depan yakni akan memastikan bahwa setiap ada pertandingan besar maupun event lainnya di JIS yang menyedot euforia lakan dilakukan penertiban lebih ketat terutama untuk lintas alur wara wiri serta batas pengaturan penonton.

Selain itu, memberikan peringatan dan edukasi bagi supporter dan penonton agar selalu tertib dan menjadi teladan, serta memitigasi resiko-resiko yang timbul dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Di sisi lain, Jakpro bersama KSO pelaksana pembangunan proyek JIS telah melakukan pengecekan kondisi seluruh dinding pembatas. Ke depan, untuk mengantisipasi perilaku supporter yang tidak diinginkan, akan dilakukan penambahan kekuataan di area-area tertentu.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)