Prabowo Tegaskan Semangat Pendekar Pencak Silat adalah Membela yang Lemah, Miskin dan Tertindas

Rabu, 27 Juli 2022 - 11:18 WIB
loading...
Prabowo Tegaskan Semangat Pendekar Pencak Silat adalah Membela yang Lemah, Miskin dan Tertindas
Prabowo Subianto selaku presiden International Pencak Silat Federation membuka kejuaraan The 19th World Pencak Silat Championship di Melaka, Malaysia. Foto: Twitter
A A A
MELAKA - Prabowo Subianto selaku presiden International Pencak Silat Federation atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT) membuka kejuaraan The 19th World Pencak Silat Championship di Melaka, Malaysia, Selasa (26/7/2022).



Dalam sambutan pembukaannya pada acara tersebut, Prabowo menekankan bahwa pencak silat adalah untuk membela diri (self defense) dan bukan ofensif (offensive violence).

“Saya ingin menekankan bahwa semangat dari pendekar pencak silat adalah untuk membela diri mereka, keluarga mereka, negara mereka, dan mereka yang miskin, lemah, dan tertindas,” kata Prabowo.

”Pendekar pencak silat adalah seseorang yang pemberani tetapi tidak pernah memiliki kebencian di dalam jiwa dan tubuhnya. Pencak silat tidak mengenal benci dan curiga," ucapnya.

"Pencak silat mengenal kemanusiaan dan kesucian setiap individu, setiap agama, budaya, ras di dunia ini,” lanjut Prabowo.

Prabowo menekankan bahwa filosofi pencak silat secara umum adalah untuk membela kebenaran. “Pendekar pencak silat yang kuat berada di jalur kebenaran, bukan jalur kejahatan," ujarnya.

"Dan, selalu melindungi yang lemah, miskin dan tertindas. Itu adalah filosofi pencak silat. Untuk membela kebenaran,” pungkasnya.



Prabowo berpesan kepada peserta untuk selalu menjaga sportivitas dan bertanding dengan baik dan berterima kasih kepada pihak pelaksana yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)