Start dari Posisi 10, Ini Kunci Sukses Max Verstappen Juara GP Hungaria 2022

Senin, 01 Agustus 2022 - 11:33 WIB
loading...
Start dari Posisi 10, Ini Kunci Sukses Max Verstappen Juara GP Hungaria 2022
Max Verstappen menuai pujian usai menjuarai Formula 1 (F1) GP Hungaria 2022/foto/Twitter
A A A
BUDAPEST - Max Verstappen menuai pujian usai menjuarai Formula 1 (F1) GP Hungaria 2022. Start dari posisi 10 dan sempat kehilangan kendali mobil, namun pembalap Red Bull itu menyegel gelar juara di Sirkuit Hungaroring, Minggu (31/7/2022) malam WIB.

Verstappen mengalami masalah power unit saat sesi kualifikasi di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (30/7/2022). Alhasil, mobilnya kehilangan tenaga sehingga tak mampu melesat dengan maksimal sehingga membuatnya hanya duduk di posisi 10 saja dalam starting grid.

Baca juga: MotoGP 2022: Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Mampu Jinakkan Motor Aprilia RS-GP 22

Akan tetapi, strategi tepat yang diterapkan Red Bull berhasil membuat juara bertahan F1 itu perlahan-lahan merangkak ke barisan depan dalam balapan. Meski sempat berputar 360 derajat, pada akhirnya Verstappen sukses mengunci kemenangannya.

Pembalap berusia 24 tahun itu pun cukup terkejut dirinya bisa menang di Hungaroring. Pasalnya, timnya pun tidak menduga dia mampu menjadi yang terbaik dalam balapan di Hungaria karena hanya start dari posisi 10.

Baca juga: Adriano Moraes, Ditelantarkan di Jalanan Saat Bayi hingga Jadi Juara Dunia MMA

“Saya pikir tidak ada yang benar-benar menduga hasil ini, tetapi kami mengatakan satu sama lain bahwa kami harus tetap tenang sebelum balapan, dan saya pikir kami melakukan itu,” kata Verstappen dilansir dari Grandprix247, Senin (1/8/2022).

Juara F1 2021 itu menilai kemenangannya terjadi karena keputusan-keputusan tepat yang diambil oleh timnya. Selain itu, strategi blunder Ferrari yang membuat Charles Leclerc keteteran dengan ban keras, menurutnya juga membantunya meraih kemenangan di Hungaria.

“Kami membuat semua keputusan yang tepat dan balapan agak sibuk di lap pertama. Namun setelah itu kami melakukan beberapa kali overtake,” ujar pembalap kelahiran Belgia itu.

“Tapi ya, kami berlomba di waktu yang tepat, kami memasang ban yang tepat di mobil, saya pikir itu adalah strategi yang tepat bagi kami. Dan kemudian pada dasarnya saya melihat Charles sangat kesulitan dengan ban keras, jadi itulah momen saya untuk mencoba dan menyerangnya,” imbuhnya.

Dengan hasil tersebut, Verstappen bisa menjalani liburan musim panas dengan tenang. Sebab, kini dia berselisih 80 poin dari Leclerc yang membuntutinya di posisi kedua.

Setelah libur musim panas, para jagoan F1 baru akan kembali mentas di GP Belgia 2022. Balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (28/8/2022) mendatang.
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1181 seconds (10.55#12.26)