Tempa Disiplin Atlet, Firman Utina Harap Nusantara Open Inisiasi Prabowo Bisa Berlanjut

Selasa, 02 Agustus 2022 - 14:58 WIB
loading...
Tempa Disiplin Atlet, Firman Utina Harap Nusantara Open Inisiasi Prabowo Bisa Berlanjut
Tempa Disiplin Atlet, Firman Utina Harap Nusantara Open Inisiasi Prabowo Bisa Berlanjut. Foto: MNC Media
A A A
BOGOR - Sebanyak 16 pelatih dari akademi sepak bola U-16 di Indonesia telah berhasil membawa akademi mereka bertanding dalam Nusantara Open yang diinisiasi oleh Prabowo Subianto untuk mencari talenta muda U-16 guna mengantar Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia.

Turnamen sepak bola ini berakhir Senin (1/8/2022) ditutup laga final yang mempertemukan Persib Bandung dan PSLS Lhokseumawe di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.



Firman Utina, Direktur Akademi Borneo FC, mengatakan desain kompetisi Nusantara Open menarik dan memberi banyak pelajaran bagi pemain muda, terutama aspek kedisiplinan.

“Nusantara Open ini sangat serius. Pimpinannya juga sangat serius untuk membangkitkan sepak bola Tanah Air,” katanya.

“Harapan saya Nusantara Open tidak hanya tahun ini saja tetapi berkelanjutan,” lanjut Firman.

Firman menjelaskan di Nusantara Open para pemain merasakan budaya baru yang sifatnya melatih kedisiplinan dan nasionalisme. Seperti upacara bendera dan makan malam bersama selama turnamen berlangsung.

Kedisiplinan yang diterapkan selama kompetisi juga mendapat acungan jempol Pelatih Fisik PSLS Lhokseumawe Munanda Faisal. “Disiplin itu sesuatu yang sangat baik, terutama bagi mental anak-anak. Semoga ke depan jiwa patriot mereka muncul, dan mental mereka mental mental juara.”

Senada, Pelatih PSM Makassar Syamsidar berharap akan banyak event serupa Nusantara Open untuk menemukan bakat-bakat muda sepakbola Indonesia.

“Untuk memacu kompetisi harus banyak event seperti ini,” ucapnya.

Keseriusan Prabowo dalam mencari bibit muda untuk mengantar Timnas Indonesia ke Piala Dunia ini diungkapkannya pada saat membuka Nusantara Open 2022, Sabtu (16/7/2022).

“Nanti ada yang bilang tidak mungkin, ya mental yang tidak mungkin ini yang harus kita kikis. Yang tidak mungkin harus mungkin dan ini mungkin, karena semangat anak-anak muda,” tutur Prabowo.

Total 16 klub yang bertanding pada kejuaraan tersebut, yaitu Persis Solo U-16, PSIS Semarang U-16, PSS Sleman U-16, ASIFA (Malang), PSLS Lhokseumawe, Tiga Naga FC (Riau), Garuda Nusantara, Persib Bandung U-16, Persija Jakarta U-16, ASIOP (Jakarta), Borneo FC U-16, Persipura U-16, PSM Makassar U-16, PSA Ambon, Maluku Utara SLC, dan Bintang Timur (Atambua).

Selain mendapatkan hadiah uang pembinaan, ke-16 tim juga memperebutkan jatah 35 pemain yang akan direkrut dalam program beasiswa. Mereka yang lolos seleksi akan dilatih secara khusus di bawah pengawasan Akademi Nusantara Bersatu dengan pelatihan dari pelatih terbaik dunia.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)