Tim Silat Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia, Pelatih: Mereka Pantang Menyerah

Rabu, 03 Agustus 2022 - 21:30 WIB
loading...
Tim Silat Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia, Pelatih: Mereka Pantang Menyerah
Pelatih Pencak Silat Indonesia, Abas Akbar tak heran anak asuhnya berhasil menjadi juara umum di ajang The 19th World Pencak Silat Championship 2022. Foto: Quadiliba Al-farabi/MPI
A A A
JAKARTA - Pelatih Pencak Silat Indonesia, Abas Akbar tak heran anak asuhnya berhasil menjadi juara umum di ajang The 19th World Pencak Silat Championship 2022. Sebab para pesdilat tampil penuh semangat.



Ajang itu digelar di Melaka, Malaysia, pada 25-31 Juli 2022. Indonesia berhasil meraih 11 medali emas, 9 medali perak, dan 8 perunggu.

Abas Akbar awalnya menceritakan persiapan Indonesia yang tak sebentar. Dari sana, dia memberikan porsi latihan terbaik untuk menghadapi ajang ini.

“Alhamdulillaah kita dipersiapkan oleh PB IPSI anak-anak pencak silat Indonesia ini dipersiapkan satu setengah bulan dan tentunya dengan seleksi dan persiapan dari fase-fase itu kita buatkan program terbaik,” ucap Abas Akbar kepada tim MNC Portal di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (3/8/2022).

Dalam pertandingan, seluruh anak asuhnya memiliki motivasi yang kuat untuk memenangkan laga demi laga. Menurut Abas Akbar itu yang membedakan mereka dengan para pemain negara lain yang juga mengincar juara di ajang ini.

“Kesan anak-anak atlet indonesia (mereka) memang full fight, memang pantang menyerah. Kita ajarkan jadi atlet yang pantang menyerah dan harus tangguh karena di sini harus persiapan mentalnya harus tinggi,” ucap Abas Akbar.

“Itu karena negara-negara lain juga persiapkan diri ya karena ini namanya World Champion atau juara dunia, yang mana sangat diimpikan oleh semua pesilat di dunia,” lanjutnya.

Dari total 11 peraih medali emas terdiri dari pesilat-pesilat berpengalaman pada kelasnya, ada juga yang pertama kali menjajaki kelas baru, bahkan ada yang sebagai debutan di ajang ini. Mereka dengan bangga mengibarkan bendera Merah Putih di ajang dua tahunan ini.

Satu nama beken peraih medali emas adalah Khoirudin Mustakim. Pesilat kelahiran 2001 asal Klaten ini juara di kelas A 45-50 kg putra. Bukan hanya itu, dia juga menyandang predikat pesilat terbaik putra di ajang ini.



Ada juga pesilat dari kelas B kategori berat 50-55 kg Putri Safira Dwi Meilani. Dia menjadi pendatang baru namun bisa menampilkan permainan yang paling bagus di kelasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)