Indonesia U-16 Hantam Vietnam, Bima Sakti Ungkap Kunci Sukses Cetak 2 Gol di Babak Kedua

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 23:45 WIB
loading...
Indonesia U-16 Hantam Vietnam, Bima Sakti Ungkap Kunci Sukses Cetak 2 Gol di Babak Kedua
Timnas Indonesia U-16 meraup hasil sempurna melawan Vietnam U-16 di laga pemungkas Grup A Piala AFF U-16 2022/Foto/@affpresse
A A A
SLEMAN - Timnas Indonesia U-16 meraup hasil sempurna melawan Vietnam U-16 di laga pemungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 . Garuda Asia menang 2-1 setelah sempat tertinggal. Pelatih Indonesia Bima Sakti mengungkap perubahan taktik menjadi kunci timnya comeback di babak kedua.

Pasukan Garuda Asia mendapatkan perlawanan sengit dari Vietnam pada babak pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. Mereka tertinggal 0-1 lebih dulu oleh gol penalti Nguyen Cong Phuong pada menit 41.

Baca juga: Full Senyum! Timnas Indonesia U-16 Sikat Vietnam, Garuda Asia Lolos ke Semifinal

Namun, pada awal babak kedua Tim Merah-Putih langsung tancap gas dan mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Hasilnya, mereka mampu berbalik unggul 2-1 dalam sembilan menit pertama paruh kedua lewat dua gol yang masing-masing dibukukan oleh Arkhan Kaka Putra dan Muhammad Nabil Asyura pada menit 51 dan 54.

Indonesia tampil trengginas di babak kedua, Bima Sakti pun mengungkapkan bahwa dirinya memang memberikan koreksi pada permainan timnya saat turun minum. Dia meminta Muhammad Iqbal Gwijangge dan kolega untuk tampil menyerang di menit-menit awal karena menurutnya itu adalah momen krusial di mana lawan biasanya belum fokus.

Baca juga: Hasil Fulham vs Liverpool: Mo Salah Selamatkan Wajah The Reds

“Tadi saya sampaikan ke semua pemain ‘inisiatif di menit awal’ karena biasanya di menit awal babak pertama atau akhir itu masa-masa krusial dalam sepak bola. Begitu juga di babak kedua,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers pasca laga, Sabtu (6/8/2022).

“Oleh sebab itu saya katakan pada mereka tadi tolong manfaatkan peluang, cepat melakukan serangan balik karena Vietnam selalu memakai tiga bek di belakang jadi kalau kita build up lagi bek mereka keburu lima lagi karena fullback kanan-kiri itu sudah turun. Karena itu kita harus cepat serangan balik dan crossing ke kotak penalti dan Alhamdulillah bisa mendapatkan dua gol di awal babak kedua,” imbuhnya.

Tak hanya di lini depan, juru taktik berusia 46 tahun itu juga mengevaluasi buruknya pertahanan Pasukan Garuda Muda di babak pertama. Dia ingin para pemain belakangnya bermain lebih rapat agar memaksa pemain depan The Golden Star –julukan Vietnam- bermain lebih melebar sehingga tak leluasa menciptakan peluang berbahaya lewat umpan terobosan.

“Untuk 4 pemain belakang kita di babak pertama tadi terlalu longgar karena Vietnam selalu pakai tiga pemain depan dan di bantu dua fullback. Oleh sebab itu pemain kita harus rapat di belakang agar mereka main keluar daripada bermain di sela-sela pemain kita,” ujar pelatih kelahiran Balikpapan itu.

“Tadi terjadinya penalti di babak pertama kan juga karena kena terobosan di sela-sela itu. Makanya saya bilang di babak kedua, empat pemain belakang harus rapat dan Alhamdulillah kita bisa menahan serangan-serangan mereka,” pungkasnya.

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil mengamankan satu tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Mereka keluar sebagai juara grup dengan koleksi sembilan poin usai menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan.

Sementara itu, Vietnam masih belum memastikan diri lolos ke semifinal. Mereka harus menunggu hasil dari laga dari dua grup lainnya lebih dulu untuk lolos via runner-up terbaik.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1417 seconds (11.252#12.26)