Hasil Liga Inggris 2022/2023, Everton vs Chelsea: The Blues Amankan Tiga Poin Pertama

Minggu, 07 Agustus 2022 - 01:50 WIB
loading...
Hasil Liga Inggris 2022/2023, Everton vs Chelsea: The Blues Amankan Tiga Poin Pertama
Chelsea mengalahkan Everton pada laga pembuka Liga Primer Inggris 2022/2023/Foto/Twitter/@premiereleague
A A A
LIVERPOOL - Cheslea mengamankan tiga poin pertama usai mengalahkan Everton pada laga pembuka Liga Primer Inggris 2022/2023. Pasukan Thomas Tuchel menang 1-0 di Goodison Park, Sabtu (6/8/2022) waktu lokal atau Minggu (7/8/2022) dini hari WIB.

The Blues –julukan Chelsea- tampil dominan di babak pertama dan berhasil unggul lewat gol penalti Jorginho padamenit ke-45+9'. Meski sempat tertekan di babak kedua, mereka akhirnya mampu mengamankan keunggulan tersebut hingga peluit berbunyi panjang.

Baca juga: Hasil Fulham vs Liverpool: Mo Salah Selamatkan Wajah The Reds

Jalannya pertandingan babak pertama, Chelsea tampil menekan sejak awal babak pertama. Mereka melakukan pressing ketat yang membuat Everton cukup keteteran.

Tujuh menit laga berjalan, Kai Havertz nyaris membobol gawang Everton. Namun, tandukan pemain asal Jerman yang menyambut crossing Reece James itu mengarah tepat ke pelukan Jordan Pickford.

Baca juga: Full Senyum! Timnas Indonesia U-16 Sikat Vietnam, Garuda Asia Lolos ke Semifinal

Pada menit 19, The Blues kembali mendapat peluang matang. Mason Mount berdiri bebas di dalam kotak penalti usai menerima umpan terobosan Raheem Sterling. Sayangnya, tendangan Mount yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang bisa ditepis oleh Pickford.

Tak mau kalah, enam menit kemudian The Toffees –julukan Everto- gantian mengancam pertahanan tim tamu. Mereka pun hampir mendapatkan gol jika tandukan James Tarkowski yang menyambut umpan silang Vitalii Mykolenko tak diselamatkan oleh Edouard Mendy.

Pada menit 28, tim tuan rumah kembali menebar ancaman lewat tandukan Anthony Gordon yang menghajar crossing Mykolenko. Namun sayang, lagi-lagi Mendy membuat penyelamatan gemilang yang membuat skor masih tetap 0-0.

Setelah itu, intensitas pertandingan terus meningkat. Kedua tim saling berbalas serangan dalam tempo permainan yang cepat.

Terus menekan, The Blues akhirnya memecah kebuntuan pada menit 43 lewat Sterling. Akan tetapi, gol debut Sterling itu dianulir oleh wasit karena eks Manchester City itu sudah berada di posisi offside ketika menyambar bola liar hasil tendangan N’golo Kante yang ditepis oleh Pickford.

Gol yang ditunggu Chelsea akhirnya datang pada menit 45+9 lewat gol penalti Jorginho. Penalti tersebut didapat setelah Ben Chilwell dijatuhkan di kotak terlarang. Alhasil, babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Memasuki babak kedua, tertinggal satu gol, Everton mengambil inisiatif menyerang lebih dulu pada awal babak kedua. Mereka mampu menguasai bola lebih banyak dan membuat Chelsea kerepotan.

Saat babak kedua baru bergulir tujuh menit, Demaray Gray nyaris membuat gol penyeimbang. Namun, sepakan voli Abdoulaye Doucore ketika terjadi kemelut di kotak penalti Chelsea bisa ditepis oleh Mendy.

Di sisi lain, The Blues yang unggul satu gol nampak kesulitan mengembangkan permainan. Mereka benar-benar berada dalam tekanan The Toffees yang tampil apik pada paruh kedua ini.

Pertandingan pun berjalan alot pada menit 60 hingga 70. Kedua tim banyak bertarung di lapangan tengah dan saling mengantisipasi bola yang ingin dialirkan ke lini depan.

Pada menit 73, barulah pasukan Frank Lampard kembali menciptakan peluang berbahaya. Namun sayang, tendangan bertenaga yang dilesatkan Dele Alli usai menerima operan dari Nathan Patterson masih menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Sembilan menit kemudian, gantian Chelsea yang mengancam gawang tim tuan rumah lewat Reece James. Akan tetapi, tendangan melengkung yang dilesatkannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Pada menit 85, pertandingan sempat dihentikan oleh wasit. Sebab, ada salah satu penonton yang membutuhkan pertolongan medis darurat.

Setelah laga dilanjutkan dua menit kemudian, Pasukan London Biru terus menggempur pertahanan Everton untuk menggandakan keunggulan. Mereka memanfaatkan kecepatan Sterling dan juga Marc Cucurella untuk menembus pertahanan Everton.

Namun sayang, penyelesaian akhir yang buruk membuat Chelsea gagal untuk menambah keunggulan mereka hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, mereka harus puas membawa pulang tiga poin hanya dengan kemenangan 1-0 saja atas armada Merseyside Biru.

Susunan pemain

Everton (3-4-3): Jordan Pickford; Yerry Mina, James Tarkowski, Ben Godfrey; Nathan Patterson, Abdoulaye Doucoure, Alex Iwobi, Vitalii Mykolenko; Demarai Gray, Anthony Gordon, Dwight McNeil.
Cadangan: Mason Holgate, Michael Keane, Allan, Asmir Begovic, Dele Alli, Jean-Philippe Gbamin, Ruben Vinagre, Lewis Warrington, Stanley Mills.
Pelatih: Frank Lampard

Chelsea (3-4-3): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Kalidou Koulibaly; Reece James, N'Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount, Kai Havertz, Raheem Sterling.
Cadangan: Kepa Arrizabalaga, Mateo Kovacic, Christian Pulisic, Ruben Loftus-Cheek, Trevoh Chalobah, Armando Broja, Hakim Ziyech, Conor Gallagher, Marc Cucurella.
Pelatih: Thomas Tuchel
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1443 seconds (11.210#12.26)