3 Pendekar Silat PSHT yang Kariernya Cemerlang di MMA: Becak Lawu sampai Hellboy

Selasa, 09 Agustus 2022 - 23:00 WIB
loading...
3 Pendekar Silat PSHT yang Kariernya Cemerlang di MMA: Becak Lawu sampai Hellboy
Sedikitnya ada tiga pendekar silat PSHT yang memiliki karier cemerlang di MMA. Diantaranya adalah Suwardi. Foto: onepride.net
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga pendekar silat PSHT yang memiliki karier cemerlang di MMA . Menilik dari riwayatnya, PSHT merupakan akronim dari Persaudaraan Setia Hati Terate.



PSHT adalah organisasi pencak silat yang awal pendiriannya diinisiasi Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada 1922. Dalam perkembangannya, PSHT kian dikenal banyak orang dan terus mengalami pertambahan anggota.

Tak jarang, sebagian anggotanya terjun ke bidang lain dan sukses di dalamnya. Salah satu diantaranya adalah Mixed Martial Arts atau MMA. Berikut tiga pendekar silat PSHT yang memiliki karier cemerlang di MMA.



1. Suwardi

Berjuluk Becak Lawu, Suwardi menjadi salah satu pendekar silat PSHT yang berkarier di Mixed Martial Arts (MMA) tingkat nasional, yang disebut One Pride MMA.

Seiring raihan prestasinya yang membanggakan, Suwardi menjadi semakin populer. Pada akun instagramnya di @stevewardi, saat ini dia sudah mendapatkan centang biru dan memiliki pengikut yang mencapai 104k.

Dikutip dari akun Facebook @Ilmu Setia Hati, Suwardi menyukai beladiri sejak kecil. Dia mulai berlatih silat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sejak berada di bangku Sekolah Dasar (SD).

Suwardi kemudian mulai mengenal dunia MMA. Pada kariernya di MMA, Suwardi tampil cukup mengesankan. Dia meraih berbagai gelar juara yang membanggakan. Salah satunya adalah gelar One Pride Mixed Martial Arts (MMA) S2 tahun 2016. Kala itu, dia mengalahkan Rengga Raphael Richard.

Terbaru, Becak Lawu sukses menggondol gelar juara nasional kelas flyweight. Dalam partai tersebut, dia menumbangkan Jeremia Siregar di Fight Night 61 One Pride MMA, 6 Agustus 2022. Gelarnya ini dipersembahkan sebagai kado manis untuk satu abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

2. Rudy Agustian

Petarung MMA ini diketahui sangat menyukai seni bela diri. Memulai kariernya dari Muay Thai, Rudy Agustian pernah menyabet gelar Kejuaraan Nasional Muay Thai di Bali Tahun 2013.

Dengan tekadnya yang membara, Rudy bahkan pergi ke Thailand untuk berlatih di sasana Sitmonchai yang legendaris. Setelahnya, dia pulang dan membuka sasana Golden Camp di tanah air.

Petarung berjuluk ‘The Golden Boy’ kemudian terjun ke dunia seni bela diri campuran. Uniknya, dia tidak langsung menjadi atlet, tetapi sebagai wasit. Setelahnya, barulah dia mulai bermain menjadi petarung di MMA.

Selain itu, Rudy Agustian juga diketahui menjadi bagian dari Persatuan Setia Hati Terate (PSHT). Pendekar ini pernah menorehkan prestasi membanggakan menjadi juara Flyweight Nasional OPMMA.

3. Rama Supandhi

Rama Supandhi merupakan salah satu atlet MMA asal Indonesia. Pria kelahiran 1991 ini memiliki julukan ‘Hellboy’ yang disematkan khusus untuk dirinya. Petarung kelas Flyweight ini memiliki rekor 8-4-0 di MMA.

Selain itu, Rama juga diketahui tergabung dalam Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Hal ini terlihat dalam unggahan akun facebook Persaudaraan Setia Hati Terate tanggal 7 September 2020. Kala itu, Hellboy disahkan menjadi warga Tingkat 1 di PSHT.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)