Kisah Ramla Ali: Pengungsi, Model, Petinju yang Guncang Jagat Tinju

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:19 WIB
loading...
A A A
Petinju kelas bantam super ini telah menjadi model untuk Dior, Cartier dan Nike, saat tampil di beberapa sampul majalah. Pada tahun 2019, dia adalah salah satu dari 15 yang dipilih oleh Meghan, Duchess of Sussex, untuk membintangi majalah Vogue Inggris edisi September. Ali adalah duta besar Unicef Inggris dan tiga tahun lalu mengajar tinju kepada gadis-gadis muda di sebuah kamp pengungsi di Yordania.

Kemanusiaan itu juga menjalankan kelompok bela diri non-profit yang semuanya perempuan bernama Sisters Club, yang mendapat dukungan dari Nike. Sebagai tambahan, tahun lalu Ali merilis bukunya sendiri, Sepuluh Langkah Menjadi Juara Anda Sendiri. Popularitas dan kepribadiannya telah bersinar di peringkat pro dan dia mencuri perhatian pada bulan Juli di O2 Arena. Derek Chisora, 38, mengalahkan Kubrat Pulev, 41, di acara utama, tetapi kemenangan Ali atas Agustina Rojas menarik paling banyak keriuhan. "Saya hanya perlu mengeluarkan pamflet dan dalam waktu 72 jam saya telah menjual 500 tiket. Itu gila."



Ali sekarang membawa bakatnya ke Arab Saudi Sabtu ini, di bawah kartu pertandingan ulang Anthony Joshua dengan Oleksandr Usyk. Dia menghadapi Crystal Garcia dalam apa yang akan menjadi pertarungan tinju wanita pertama di Saudi. Ali berkata: "Ini adalah kehormatan besar. Ini hanya sekali. Tidak ada orang lain yang akan menjadi yang pertama, dan untuk saya sendiri dan untuk lawan saya, kedua nama kami akan disemen dalam sejarah. Ini perasaan yang luar biasa."

Pertandingan ulang gelar juara dunia Joshua di negara Timur Tengah itu telah menuai kritik karena catatan hak asasi manusia Saudi yang buruk dan perlakuan terhadap perempuan. Tapi Ali menjawab: "Anda tidak bisa menyalahkan negara yang mencoba membuat perubahan. Ini bukan hanya tipu muslihat dari 'mari berpegang pada wanita' dan apa pun. Jika saya mencoba memperjuangkan hak-hak perempuan, mengapa saya tidak mendukung negara yang mencoba membuat perubahan, yang mencoba mengubah hak-hak perempuan."
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)