5 Wasit Kontroversial Indonesia yang Dapat Sanksi Berat dari PSSI

Rabu, 24 Agustus 2022 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Terbaru, Fariq Hitaba juga masuk dalam daftar wasit yang dihukum PSSI tempo hari. Dalam hal ini, dia sempat membuat keputusan salah ketika tidak memberikan penalti kepada Persija saat laga pembuka Liga 1 2022 melawan Bali United.

Padahal, saat itu pemain Bali United terlibat handball di kotak terlarang. Dia dihukum selama 8 pekan ke depan tidak bisa memimpin pertandingan.

2. Mustofa Umarella

Mustofa Umarella masuk dalam jajaran wasit Indonesia yang dihukum PSSI sebagai bentuk evaluasi jalannya Liga 1 2022 hingga pekan kelima. Dalam hal ini, Mustofa dinilai bermasalah pada laga antara PSIS melawan Barito Putera.

Dalam kasusnya, sebagai wasit dia dianggap lalai menerapkan LOTG pasal 12. Salah satu keputusan kontroversinya adalah ketika memberikan penalti kepada Barito, padahal semestinya pelanggaran tersebut tidak terjadi karena hanya bodi kontak biasa.

Atas kasus yang menimpanya ini, dia dijatuhi hukuman berupa pembinaan selama 10 pekan dan baru bisa bertugas kembali pada Week ke-13 Liga 1 2022.

Sedikit kilas balik, Mustofa Umarella juga pernah mendapat hukuman dari PSSI, yaitu pada tahun 2021. Dia dianggap membuat kesalahan kala memimpin laga Liga 1 2021 antara Persebaya melawan Persela.

Kesalahan pertama terjadi saat dia menganulir gol penyerang Bajul Ijo, Jose Wilkson pada menit ke-33. Sedangkan kesalahan keduanya adalah mengesahkan gol bomber Persela, Ivan Carlos yang diketahui berada di posisi offside.

Setelah kejadian tersebut, Ketua Komite Wasit PSSI mengambil tindakan tegas dengan mengistirahatkan Mustofa Umarella dari Liga 1 2021.

3. Dwi Purba
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)