5 Petinju Berdarah Afrika yang Sukses Mengguncang Jagat Olahraga

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 05:05 WIB
loading...
5 Petinju Berdarah Afrika yang Sukses Mengguncang Jagat Olahraga
5 Petinju Berdarah Afrika yang Sukses Mengguncang Jagat Olahraga. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Daftar petinju terbaik dari Afrika ada di artikel ini. Salah satunya mantan raja kelas berat, Anthony Joshua , yang kini menyandang kewarganegaraan Inggris.

Berbeda dengan sepak bola yang didominasi Eropa dan Amerika Latin, olahraga tinju sedikit lebih merata penyebaran para jago tinjunya. Sebut saja benua Afrika yang kerap menghasilkan petinju top penyandang sabuk juara.



Beberapa di antara petinju Afrika tersebut memilih mengantongi kewarganegaraan sesuai tempat mereka bermukim saat ini. Sebut saja Anthony Joshua yang saat ini lebih dikenal sebagai petinju Inggris.

Lantas, siapa saja mereka? Berikut daftar lima petinju berdarah Afrika yang mengguncang jagat olahraga:

1. Brian Mitchell
5 Petinju Berdarah Afrika yang Sukses Mengguncang Jagat Olahraga

Brian Mitchell merupakan petinju profesional asal Afrika Selatan yang dianggap terbaik pada tahun 1981. Dia sempat merebut gelar juara kelas ringan di WBA pada tahun 1986 sebelum akhirnya menyabet IBHOF (International Boxing Hall Of Fame) pada tahun 2009.

Walaupun Mitchel seorang petinju profesional, tentu saja dia sempat mengalami kekecewaan. Salah satunya ketika menghadapi aksi demonstrasi terkait isu rasisme di Afrika Selatan.

Mitchell mengaku tidak pernah merasa rasis pada warga kulit putih, meski semua kru dan lawan tanding yang dipilihnya merupakan orang kulit hitam. Dalam berbagai kesempatan wawancara, Mitchell menepis anggapan bahwa dirinya rasis.

2. John Mugabi
5 Petinju Berdarah Afrika yang Sukses Mengguncang Jagat Olahraga

Petinju legendaris asal Uganda yang dikenal dengan panggilan The Beast merupakan petinju yang berbasis di Canastota, New York. Sebelum menyaber IBHOF, dia merupakan bagian dari kelompok kelas menengah yang berbakat selama tahun 1980 di antara para petinju besar seperti Marvin Hagler, Sugar Ray Leonard, Thomas Hearns, Wilfred Banitez, David Moore dan Roberto Duran.

Pada saat Olimpiade Moskow 1980, Mugabi meraih medali perak dan setelah itu pada akhirnya hal ini membuat ia mulai beralih sebagai atlet tinju profesional pada 5 Desember 1980 yang mengalahkan Oemer Karadeniz di babak pertama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)