6 Duel Tinju Berpenghasilan Terbesar Sepanjang Masa, No 1 Raup Rp11,7 Triliun

Minggu, 04 September 2022 - 10:33 WIB
loading...
6 Duel Tinju Berpenghasilan Terbesar Sepanjang Masa, No 1 Raup Rp11,7 Triliun
6 Duel Tinju Berpenghasilan Terbesar Sepanjang Masa, No 1 Raup Rp11,7 Triliun/The Sun
A A A
Top 6 duel tinju berpenghasilan terbesar sepanjang masa saat Floyd Mayweather melawan Manny Pacquiao yang menghasilkan £678 juta atau sekitar Rp11,7 triliun. Dari enam besar pertarungan tinju berpenghasilan besar, duel Mayweather mendominasi Top 4.

Selain Mayweather, nama Mike Tyson juga mendatangkan keuntungan besar sehingga masuk dalam Top 6 pertarungan tinju berpenghasilan terbesar sepanjang masa. Mayweather menjadi raja pay-per-view (PPV) sepanjang kariernya yang sempurna 50-0 tetapi selalu memberikan hasil di atas ring.



Legenda kelas berat Mike Tyson juga mendapat kompensasi yang baik melalui kampanye naik turunnya - menghasilkan total sekitar £400 juta. Berikut 6 duel tinju berpenghasilan terbesar sepanjang masa:

1. Mayweather vs Pacquiao, Mei 2015
Dijuluki 'Fight of The Century', penantian lima tahun para penggemar untuk bertemunya dua raja pound-for-pound akhirnya berakhir pada tahun 2015. Sayangnya, terlepas dari penumpukan yang berlarut-larut, pertarungan tidak menghasilkan kegembiraan - tetapi menghasilkan pendapatan.

Masterclass taktis Mayweather saat ia mengungguli Pacquiao menjual rekor 4,6 juta PPV dan mencatat tertinggi dalam sejarah. Bayaran mereka juga belum pernah terjadi sebelumnya, karena pertarungan menjadi yang terkaya sepanjang masa.

2. Mayweather vs McGregor, Agustus 2017
Setelah diumumkan bintang UFC McGregor akan menyeberang untuk menghadapi Mayweather, itu langsung disebut 'The Money Fight'. Dan itu sesuai dengan namanya seperti yang ditunjukkan oleh angka-angka.

Tapi itu tidak berhasil melampaui PPV dan rekor yang sebelumnya ditetapkan dua tahun sebelumnya oleh Mayweather dan Pacquiao. Mayweather, yang menang dalam sepuluh ronde, menyamai bayaran yang dia buat melawan PacMan, sementara kekayaan bersih McGregor meroket setelah debut tinjunya.

3. Mayweather vs Canelo, September 2013
Ketika Canelo menantang petinju nomor satu pound-for-pound, penggemar tinju menyetelnya untuk melihat apakah teka-teki untuk mengalahkan Mayweather akhirnya bisa dipecahkan. Tapi sekali lagi The Money keluar sebagai pemenang dengan angka dan pertarungan memecahkan rekor PPV saat itu dengan penjualan 2,2 juta dan pendapatan £120 juta.

Meskipun lebih dari 16.000 penonton ke MGM Grand di Las Vegas, duel itu hanya menghasilkan £20 juta. Tetap saja itu peringkat sebagai pertarungan terkaya ketiga dalam sejarah tinju, dengan Canelo menjadi bintangnya sendiri sejak kekalahan yang memalukan.

4. Mayweather vs De La Hoya, Mei 2007
Ketika Mayweather naik ke kelas menengah ringan untuk mengalahkan De La Hoya - itu adalah terakhir kalinya dia melakukannya sebagai petarung B-side. Kemenangan itu mengukuhkan atlet Amerika yang kurang ajar itu - yang saat itu dikenal sebagai 'Pretty Boy Floyd' - sebagai pegolf nomor satu dalam olahraga tersebut.

Ini awalnya memecahkan rekor box office dan Mayweather mengadopsi julukan Uang sesudahnya. Meskipun pertandingan ulang yang menguntungkan gagal terwujud, itu adalah salah satu dari banyak bayaran besar untuk Mayweather.

5. Evander Holyfield vs Mike Tyson II, 1997
Setelah Holyfield keluar dari kotak dan menghentikan Tyson untuk gelar kelas berat pada tahun 1996, itu membuat pertandingan ulang yang menguntungkan pada tahun berikutnya. Tapi itu akan diingat untuk semua alasan yang salah, karena Tyson dua kali menggigit Holyfield sebelum didiskualifikasi di ronde ketiga.



Kemudian dikenal sebagai 'Bite Fight' itu meraup 1.990.000 pembelian PPV - masih jumlah tertinggi yang dibeli untuk pertarungan kelas berat. Bayaran mereka merupakan angka gabungan tertinggi untuk pertarungan apa pun sampai pecah sepuluh tahun kemudian.

6. Lennox Lewis vs Mike Tyson, 2002
Lewis dan Tyson akhirnya menyelesaikan perseteruan pada tahun 2002 - tetapi itu datang terlambat. Tyson adalah kelas berat yang memudar sementara Lewis memerintah sebagai juara yang tak terbantahkan, kemudian menang di ronde delapan.

Tiket dengan harga tinggi akhirnya berhasil terjual dengan 15.000 menghadiri pertarungan dan memecahkan rekor box office. Meskipun menjual kurang dari pertandingan ulang Tyson melawan Holyfield, masih meraup £90 juta dalam penjualan PPV.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)