Kisah Ratu Elizabeth II Menjamu Arsenal di Istana Buckingham

Jum'at, 09 September 2022 - 13:25 WIB
loading...
Kisah Ratu Elizabeth II Menjamu Arsenal di Istana Buckingham
Kisah Ratu Elizabeth II Menjamu Arsenal di Istana Buckingham. Foto: IST
A A A
LONDON - Kabar duka baru saja menyelimuti Inggris di mana Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia. Arsenal menjadi klub Inggris yang pernah mendapat undangan kehormatan langsung dari Sang Ratu untuk berkunjung ke Istana Buckingham.

Pada tahun 2007, Ratu Elizabeth II mengundang klub sepak bola Arsenal untuk acara kunjungan sekaligus jamuan makan di Istana Buckingham. Kala itu, Arsenal masih dilatih Arsene Wenger dan diperkuat nama-nama seperti Thierry Henry, Theo Walcott dan Cesc Fabregas.



Undangan tersebut diyakini sebagai permohonan maaf lantaran Sang Ratu tidak bisa hadir dalam peresmian Stadion Emirates kandang Arsenal. Yang pasti, menurut catatan media setempat, Arsenal menjadi klub sepak bola pertama yang mendapat kesempatan istimewa tersebut.

Ratu Elizabeth II yang mulai naik takhta pada 6 Februari 1952 cukup dekat dengan dunia olahraga. Dia juga pernah memberikan langsung trofi Piala Dunia 1966 ketika Timnas Inggris mengalahkan Jerman Barat di partai final. Pada saat itu Ratu Elizabeth memberikan trofi kepada kapten Timnas Inggris, Bobby Moore.

Menjelang final Piala Eropa 2020 antara Inggris vs Italia di Stadion Wembley, Ratu Elizabeth II, mengirim pesan emosional untuk membakar semangat para pemain dan suporter. Namun sayang, kala itu Timnas Inggris dipaksa mengakui keunggulan Italia lewat babak adu penalti.

"Lima puluh lima tahun yang lalu saya beruntung mempersembahkan Piala Dunia kepada Bobby Moore dan melihat apa artinya bagi para pemain, manajemen, dan staf pendukung untuk mencapai dan menang. final turnamen sepak bola internasional besar," kata Ratu Elizabeth II sebelum pertandingan.

Menurut catatan Sky Sports, pertandingan pertama yang disaksikan langsung oleh Ratu Elizabeth II adalah final Piala FA 1953 antara Blackpool vs Bolton. Laporan yang sama menyebut, ketika masih berstatus sebagai Putri Kerajaan, pemilik nama lahir Elizabeth Alexandra Mary sering menyaksikan Chelsea bertanding.

Meski disebut-sebut sering menyaksikan Chelsea bertanding semasa kecil, sosok klub favorit Ratu Elizabeth II masih menjadi tanda tanya sampai hari ini. Sebab, Sang Ratu tidak pernah secara terbuka mengungkapkan klub sepak bola favoritnya.
Kisah Ratu Elizabeth II Menjamu Arsenal di Istana Buckingham
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)