Mike Tyson versus Muhammad Ali, Siapa Lebih Hebat?

Sabtu, 10 September 2022 - 08:01 WIB
loading...
Mike Tyson versus Muhammad Ali, Siapa Lebih Hebat?
Perbandingan rekor tinju Mike Tyson dan Muhammad Ali akan dibahas dalam artikel ini. Keduanya merupakan legenda yang cukup disegani. Foto: Ilustrasi/boxing-guru.com
A A A
JAKARTA - Perbandingan rekor tinju Mike Tyson dan Muhammad Ali akan dibahas dalam artikel ini. Keduanya merupakan legenda yang cukup disegani.

Baca Juga: Anti Berteman, Deontay Wilder Simpan Dendam Kesumat pada Tyson Fury

Namun, baik Iron Mike dan Ali belum pernah bertarung satu sama lain. Sehingga masing-masing penggemarnya hanya bisa berspekulasi tentang siapa yang lebih hebat. Berikut perbandingan rekor tinju mereka.

Baca Juga: Tyson Fury Tertawakan Duel Keempat Lawan Deontay Wilder

1. Mike Tyson

Melihat dari riwayatnya, Mike Tyson melakukan debut profesionalnya pada 1985. Kala itu dia berhadapan dengan petinju Hector Mercedes dan berhasil meraih kemenangan.

Pada 22 November 1986, Iron Mike menjadi juara kelas berat termuda dalam sejarah setelah mengalahkan Trevor Berbick dan mengklaim gelar WBC. Kemudian, pada 7 Maret 1987, dia juga meraih gelar WBA setelah mengalahkan James Smith.

Beberapa bulan setelahnya, Tyson meraih gelar IBF setelah mengalahkan Tony Tucker dan menggabungkannya dengan gelar WBC dan WBA yang diraih sebelumnya.

Sepanjang karier profesionalnya, Tyson bertarung 58 kali secara resmi. Sebanyak 50 diantaranya berujung kemenangan, termasuk 44 KO, 6 kali kalah dan 2 pertandingan tanpa kontes.

2. Muhammad Ali

Pria berjuluk The Greatest ini dikenal sebagai salah satu petinju kelas berat terbaik sepanjang sejarah. Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr, Ali melakukan debut profesional pada 29 Oktober 1960. Saat itu, dia mengalahkan Tunney Hunsaker.

Pada 25 Februari 1964, Ali bertarung dengan Sonny Liston untuk kejuaraan kelas berat dunia. Kala itu, Liston dianggap sebagai salah satu petarung yang kuat dan menakutkan. Namun, pada akhirnya Ali yang menang dan menjadi juara baru.

Sepanjang karier profesionalnya, Ali telah melakoni 61 pertarungan. Adapun 56 pertandingan diantaranya diraih dengan kemenangan, termasuk 37 kemenangan dengan KO. Sedangkan lima pertandingan sisanya diakhiri dengan kekalahan.

Disisi lain, Tyson cukup mengagumi dan menghormati Ali. Bahkan, beberapa kali Iron Mike menyebut almarhum sebagai petinju terbaik sepanjang masa.

Meski tidak pernah bertarung melawannya, namun Tyson yakin Ali akan mengalahkannya jika bertanding di masa kejayaannya.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2328 seconds (10.101#12.26)