3 Petinju yang Pernah Mengalahkan Manny Pacquiao

Rabu, 14 September 2022 - 19:03 WIB
loading...
3 Petinju yang Pernah Mengalahkan Manny Pacquiao
Manny Pacquiao juga pernah mengalami kekalahan selama menjadi seorang petinju kelas dunia/foto/Instagram
A A A
MANILA - Ketangguhan Manny Pacquiao di atas ring tak ada yang meragukan. Pemilik nama lengkap Emmanuel Dapidran Pacquiao itu bahkan mampu bertahan di jajaran petinju elite dunia dalam usianya yang relatif senior.

Petinju yang memiliki nama julukan PacMan ini mulai berkompetisi di dunia tinju dari tahun 1995 hingga 2021. Fakta menarik mengenai Manny Pacquiao, walaupun dia memiliki pukulan yang mematikan di tangan kiri (kidal), tetapi dalam kesehariannya, Pac-Man adalah seorang right-handed yang mumpuni.

Baca juga: Dibekuk Andy Ruiz, Luis Ortiz Tantang Fury Atau Joshua

Sebagian sejarawan tinju menganggap bahwa legenda Filipina yang lahir 17 Desember 1978 itu adalah satu-satunya petinju profesional dalam sejarah yang memenangkan 12 gelar dunia.

Pada bulan Juli 2019 lalu, PacMan menjadi juara dunia di kelas welter tertua dalam sejarah, karena saat itu Ia berusia 40 tahun. Ia juga memegang rekor sebagai petinju dunia selama empat dekade berbeda pada tahun 1990-an, 2000-an, 2010-an sampai 2020-an.

Baca juga: Takaaki Nakagami Resmi Perbarui Kontrak 1 Tahun di LCR Honda

Pacquiao juga berhasil merebut ketujuh gelar di tujuh kelas yang berbeda. Lima gelar juara dunianya ini berasal dari lima kelas berbeda dan dua gelarnya lagi dari Ring Magazine (Majalah The Ring) untuk kelas bulu dan welter junior.

Namun, Manny Pacquiao juga pernah mengalami kekalahan selama menjadi seorang petinju kelas dunia. Berikut petinju yang pernah mengalahkannya.

1. Rustico Torrecampo

Rustico Torrecampo yang lahir di tanggal 1 Agustus 1972 adalah seorang petinju profesional asal Filipina yang berhasil mengalahkan Manny Pacquiao. Ia berhasil mengalahkan PacMan sebagai rekan senegaranya pada tahun 1996 dan merupakan kekalahan perdana untuk PacMan.

Rustico berhasil mengalahkan Manny Pacquiao di ronde ketiga dari 10 ronde yang telah disepakati. Saat itu memang usianya Pac-Man masih terbilang remaja (17 tahun 54 hari) dan ini merupakan pertarungan ke 12 nya di dunia tinju kelas profesional.

Pada pertandingan tersebut, berat badan PacMan memang tidak sesuai dan sebagai hukumannya, Ia terpaksa mengenakan sarung tinju berukuran 8 ons, sedangkan Rustico berukuran 6 ons. Pertandingan itu berjalan dengan baik sampai akhirnya hook kiri dari Rustic bagian rahang membuat PacMan tersungkur.

2. Juan Manuel Marquez

Juan Marquez yang lahir pada tanggal 23 Agustus 1973 ini berhasil mengalahkan petinju kelas dunia, Manny Pacquiao sebanyak 1 kali. Walaupun hanya 1 kali, namun Marquez sudah merasa sangat puas dengan catatan tersebut.

Kemenangan pertama dalam mengalahkan Pac-Man terjadi pada pertemuan keempat, tepatnya di ronde keenam melalui KO alias pada pertemuan terakhir mereka dalam laga yang digelar oleh MGM Grand, Las Vegas Amerika Serikat di tahun 2012 lalu.

3. Medgoen Singsurat

Lahir dengan nama Boonsai Sangsurat atau yang biasa dikenal dengan Medgoen Singsurat adalah petinju profesional yang berasal dari Thailand dan Ia lahir pada tanggal 12 Juli 1978. Pada tahun 1999, Singsurat bertemu dengan Manny Pacquiao untuk melakukan duel kelas dunia. Sampai akhirnya, pada duel tersebut Ia berhasil membuat PacMan harus tercoreng akibat mengalami TKO pada ronde ketiga dan pada saat itu, PacMan masih berusia 20 tahun. (MG / Khansa Novriandra)

(sha)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3109 seconds (10.101#12.26)