Pemenang Piala Presiden Esports 2022 Berpeluang Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Esports 2022

Kamis, 15 September 2022 - 03:03 WIB
loading...
Pemenang Piala Presiden Esports 2022 Berpeluang Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Esports 2022
Potensi para atlet Esports Indonesia tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Sejak Piala Presiden Esports digelar pada 2019, telah bermunculan talenta-talenta muda yang kemudian memiliki jenjang karier yang jelas di industri Esports / Foto:
A A A
JAKARTA - Potensi para atlet Esports Indonesia tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Sejak Piala Presiden Esports digelar pada 2019, telah bermunculan talenta-talenta muda yang kemudian memiliki jenjang karier yang jelas di industri Esports melalui berbagai tim esports profesional.

Wakil Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Matthew Airlangga mengatakan tahun ini visi dan misi Piala Presiden Esports 2022 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu memberikan jalan bagi para gamers di Indonesia untuk melangkah ke skena kompetitif skala nasional. Bedanya, tahun ini dia punya rencana yang lebih besar yaitu membawa mereka ke Kejuaraan Dunia Esports 2022.

“Ini adalah langkah konkret bahwa dengan adanya Piala Presiden Esports 2022 para atlet yang berangkat nanti bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” kata Matthew saat Media Talk Piala Presiden Esports 2022 di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA: SAH!, Cabor Biliar Akan Mempertandingkan 22 Nomor Pada PON 2024

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2022 akan menjadi salah satu rangkaian penting dalam memaksimalkan pembinaan dan regenerasi atlet esports berprestasi secara berkesinambungan. Dengan skema dan level turnamen berskala nasional, diharapkan Piala Presiden Esports 2022 akan mampu menjaring ribuan pemain esports berbakat dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sebenarnya tak sulit untuk mencari talenta atlet bila merujuk jumlah peminat dan pemain game di Indonesia. Ricky Setiawan, selaku Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PBESI mengungkapkan hasil survey yang dilakukan PBESI belum lama ini.

Dari survey tersebut, total ada 44,2 juta orang Indonesia yang pernah mengikuti turnamen esports dalam tiga bulan terakhir. Kendati demikian, perlu sebuah wadah yang benar-benar mengasah talenta lokal ini untuk kemudian siap berprestasi untuk Indonesia.

BACA JUGA: PBSI Bentuk 5 Pasangan Baru, Rahmat Jadi Tandem Pramudya

“Dengan jumlah pemain sebanyak ini artinya saat ini memang dibutuhkan pengelola wadah guna melahirkan bakat yang benar-benar akan menelurkan prestasi bagi Indonesia. Di sinilah peran PBESI jadi penting untuk membuat regulasi serta akademi esports. Nantinya, langkah ini akan jadi gebrakan bagi esports Tanah Air untuk mencari talenta muda berbakat,” ucap Ricky.

Salah satu prestasi nyata yang menggembirakan terjadi di SEA Games 2021 Vietnam lalu. Timnas Esports Indonesia berhasil memboyong total enam medali, terdiri dari dua medali emas, tiga perak, dan satu perunggu. Hasil ini bisa menjadi modal kepercayaan diri agar ke depan semakin banyak prestasi yang diraih dalam berbagai turnamen esports berskala internasional, termasuk Kejuaraan Dunia Esports 2022 yang berlangsung di Bali, 2-11 Desember mendatang.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1967 seconds (11.210#12.26)