Istirahatkan Ronaldo Kwateh! Saran Pengamat kepada Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Selasa, 20 September 2022 - 08:37 WIB
loading...
Istirahatkan Ronaldo Kwateh! Saran Pengamat kepada Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Performa penyerang timnas U-19 Ronaldo Kwateh mendapat sorotan pengamat sepak bola nasional/foto/Instagram/@pssi
A A A
SURABAYA - Performa penyerang Timnas U-19 Ronaldo Kwateh mendapat sorotan pengamat sepak bola nasional. Penampilan pemain Madura United tersebut sejauh ini dinilai belum konsisten bersama Timnas Garuda Nusantara .

Pengamat sepak bola Indonesia, Kusnaeni, memberikan saran kepada pelatih Shing Tae-yong untuk mengistirahatkan Ronaldo. Pria yang akrab disapa Bung Kus itu melihat performa Ronaldo sedang mengalami penurunan kendati itu wajar mengingat usianya yang masih muda.



Ya, performa Ronaldo selama babak penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 memang menjadi sorotan dari para netizen Indonesia. Pasalnya, pemain berusia 17 tahun itu masih belum bisa menunjukan ketajamannya.

Terbukti, dari tiga laga yang dimainkan dalam ajang tersebut, Ronaldo sama sekali tidak menyumbang satupun gol maupun assist. Hal tersebut membuat netizen berkomentar kalau pemain Madura United itu tidak berkembang.



Menanggapi hal tersebut, Bung Kus memberi saran Shin Tae-yong memulangkan Ronaldo lebih dulu ke klubnya, Madura United, dengan harapan bisa kembali menemukan level tertinggi performanya.

“Memang di bawah ekspektasi ya penampilan Ronaldo saat ini. Orang tahu kan kemampuan Ronaldo seperti apa. STY juga tahu kemampuannya, dia ini pemain bagus. Cuma pemain muda kan masih sering labil performanya, nah itu sekarang yang dialami oleh Ronaldo,” ucap Bung Kus ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (20/9/2022).

“Kalau saran saya sih dalam keadaan lagi turun begini, sebetulnya tidak ada salahnya kalau pelatih mengistirahatkan Ronaldo dulu, tidak usah dipanggil. Biarkan dia fokus dulu di klub, nanti kalau permainannya naik baru dipanggil lagi,” sambungnya.

Menurutnya, itu merupakan salah satu cara agar sang pemain dapat menemukan rasa kepercayaan dirinya kembali. Jika Shin Tae-yong benar akan mengistirahatkannya, Bung Kus mengingatkan kepada Ronaldo agar jangan kecil hati.

“Cara untuk pemain lebih termotivasi lagi, mengembalikan kepercayaan diri, mengembalikan performa, itu antara lain diistirahatkan dulu. Antara lain loh ya, karena kan banyak cara, salah satunya itu,” ungkapnya.

“Pemain muda itu kalau tidak dipanggil timnas sebetulnya hal yang biasa karena memang masih belum stabil. Kalaupun diistirahatkan, Ronaldo juga jangan kecil hati karena itu biasa dalam sepak bola. Tujuannya untuk memacu dia agar kembali ke performa terbaiknya,” pungkas Bung Kus.

Ronaldo memang merupakan pemain langganan Shin Tae-yong untuk memperkuat timnya. Sebelumnya, pemain Madura United itu juga memperkuat Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)