Sanjung Roger Federer, Novak Djokovic: Kehebatannya Akan Hidup Selamanya

Senin, 26 September 2022 - 10:31 WIB
loading...
Sanjung Roger Federer, Novak Djokovic: Kehebatannya Akan Hidup Selamanya
Sanjung Roger Federer, Novak Djokovic: Kehebatannya Akan Hidup Selamanya. Foto: IST
A A A
LONDON - Bintang tenis Serbia, Novak Djokovic , menyanjung legenda hidup tenis, Roger Federer, yang baru saja memutuskan untuk mengakhiri kariernya. Menurutnya, Federer adalah petenis yang sempurna di dalam dan di luar lapangan sehingga kehebatannya akan selalu hidup selamanya.

Seperti diketahui, Federer melakoni laga terakhir dalam kariernya pada Sabtu, 24 September 2022 kemarin dalam pertandingan hari kedua Laver Cup 2022 dengan berpasangan dengna rivalnya Rafael Nadal. Sayangnya, mereka kalah dari pasangan Tim World asal Amerika Serikat, yakni Jack Sock/Frances Tifoe, dengan skor 6-4, 6-7 (2-7) dan 9-11.

Baca Juga: Carlos Alcaraz Tak Terbebani Disebut Penerus The Big Three

Berakhirnya laga itu pun menjadi akhir dari perjalanan panjang mantan pemain nomor satu dunia itu di dunia tenis. Dia menutup kariernya dengan status pemegang gelar terbanyak ketiga Grand Slam, dengan torehan 20 trofi.

Djokovic, yang satu tim dengan Federer/Nadal di Tim Europe Laver Cup 2022, pun mengatakan bahwa pensiunnya Federer adalah salah satu momen yang paling menyedihkan bagi dunia tenis. Namun menurutnya, kehebatan Federer akan tetap selalu hidup dan dikenang sepanjang masa.

"Ini adalah saat yang menyedihkan untuk tenis dan olahraga secara umum, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu petenis terhebat dalam sejarah. Cara dia menjalankan bisnisnya, di dalam dan di luar lapangan, telah membuatnya mendapatkan popularitas besar di seluruh dunia,” kata Djokovic dilansir dari Tennis World, Minggu (25/9/2022).

“Dia pantas mendapatkannya karena dia begitu sempurna, di dalam dan di luar lapangan, dengan kariernya, tetapi juga dengan kepribadiannya. Dia telah mendapatkan banyak simpati dari penggemar olahraga di seluruh dunia dan kehebatannya akan hidup selamanya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, sepanjang kariernya, Federer berhasil meraih 20 gelar Grand Slam yang terdiri dari tujuh trofi Wimbledon, enam trofi Australia Terbuka, lima trofi Amerika Serikat Terbuka dan satu trofi Prancis Terbuka. Selain itu, dia juga memiliki satu medali emas Olimpiade yang didapatnya di Beijing 2008 pada nomor ganda putra bersama Stanislas Wawrinka.

Selain itu, petenis berusia 41 tahun tersebut pernah menduduki peringkat satu dunia dengan total 310 pekan di mana 237 pekan di antaranya didapat secara berturut-turut. Dia memenangkan 103 gelar juara kejuaraan tunggal putra ATP , yang merupakan rekor kedua terbanyak sepanjang sejarah.

Dengan segudang prestasinya itu, yang masih belum disebut semuanya, maka tak perlu diragukan lagi bahwa Federer merupakan salah satu petenis terhebat sepanjang sejarah. Seperti kata Djokovic, kehebatannya akan selalu hidup di benak semua pecinta tenis di seluruh dunia meski dia sudah gantung raket.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2309 seconds (11.210#12.26)