4 Pemain Korban Potong Generasi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor Satu Masih Punya Harapan

Kamis, 29 September 2022 - 14:01 WIB
loading...
4 Pemain Korban Potong Generasi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor Satu Masih Punya Harapan
Shin Tae-yong banjir pujian. Ini tak lepas dari pencapaian positif yang dihadirkannya bersama Timnas Indonesia. Tapi ada satu fakta menari ketika pelatih asal Korea Selatan, yakni ia berani memotong generasi / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Shin Tae-yong banjir pujian. Ini tak lepas dari pencapaian positif yang dihadirkannya bersama Timnas Indonesia. Tapi ada satu keputusan yang paling disorot dari pelatih asal Korea Selatan, yakni ia berani memotong generasi.

Shin Tae-yong berani membuang muka-muka lama, dan membawa banyak pemain muda. Keputusan tersebut awalnya diragukan dan sempat dikritik oleh banyak pengamat.

Namun pengalaman memang tidak berbohong, keputusan tersebut terbukti tepat. Pemain muda yang dibawa Shin Tae-yong ke tim senior tampil moncer. Sebut saja Witan Sulaeman, Pratama Arhan atau Egy Maulana Vikri.

BACA JUGA: Isu Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong, Koordinator Save Our Soccer: PSSI Berani Bayar Mahal?

Ketiganya menjadi tulang punggung Timnas Indonesia senior meski usianya masih belia. Sementara itu, pemain-pemain lain yang dicoret oleh Shin Tae-yong harus mengelus dada.

Padahal mereka justru sedang memasuki usia emas sebagai pesepak bola. Beberapa dari mereka bahkan telah berjasa menyumbangkan prestasi bagi Timnas Indonesia kelompok umur.

BACA JUGA: Saddil Ramdani: Penampilan Timnas Indonesia Masih Banyak Kekurangan

Berikut adalah daftar pemain korban potong generasi Shin Tae-yong:

1. Evan Dimas Darmono

Evan sempat menjadi ikon Timnas Indonesia. Namanya harum dimana-mana usai membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF 2013 lalu.

Nasib Evan di Timnas Indonesia setelah kedatangan Shin Tae-yong sebenarnya tidak jelek-jelek amat. Pemain yang kini membela Arema FC itu masih menghuni skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Namun meski diberi ban kapten, Evan kerap tidak dimainkan selama 90 menit penuh. Bahkan dirinya beberapa kali menjadi penghangat bangku cadangan.

Di ajang FIFA Matchday Januari 2022, Evan juga tampil sebagai kapten di laga versus Timor Leste. Namun dirinya hanya tampil selama 66 menit.

Shin Tae-yong nampaknya masih belum membuang kepercayaan terhadap Evan. Namun performa Evan bersama Arema FC menurun di musim ini, dirinya sering dibekap cedera.

2. Hansamu Yama

Hansamu Yama merupakan pemain dengan nasib serupa seperti Zulfiandi. Pada kekalahan 0-5 dari Uni Emirat Arab, Hansamu mengenakan ban kapten dan tampil penuh selama 90 menit.

Namun sayang, laga itu adalah penampilan terakhir Hansamu bersama Tim Merah Putih. Pemain Persija Jakarta itu angkat kaki dari skuad Timnas Indonesia setelah kedatangan Shin Tae-yong.

Angan-angan Hansamu untuk kembali ke Timnas Indonesia pun nampaknya sulit terwujud. Pasalnya, stok bek tengah Timnas Indonesia kini amat sesak, kedatangan Elkan Baggott membuat Hansamu semakin gigit jari.

Belum lagi, Jordi Amat juga akan segera meramaikan persaingan di pos bek tengah Timnas Indonesia. Hansamu nampaknya hanya bisa pasrah meski penampilannya bersama Persija cukup menjanjikan.

3. Zulfiandi

Zulfiandi menjadi pemain selanjutnya yang harus angkat kaki dari skuad Garuda usai kedatangan Shin Tae-yong. Pemain yang kini membela Madura United itu menjadi korban regenerasi Shin Tae-yong di pos gelandang bertahan.

Pelatih asal Korea Selatan itu lebih menyukai Rachmat Irianto yang memiliki usia lebih muda. Padahal Zulfiandi terbukti sudah cukup berpengalaman di level internasional.

Penampilan terakhir Zulfiandi bersama Timnas Indonesia yakni ketika Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, tepatnya pada 10 Oktober 2019. Kala itu, Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy dihajar 0-5 oleh Uni Emirat Arab.

4. Ilham Udin

Nama Ilham Udin Armayn sempat harum di kancah sepak bola nasional. Ilham menjadi topskor kedua Piala AFF U-19 2013.

Penampilan moncernya bersama skuad Garuda Nusantara membuahkan gelar juara Piala AFF U-19 di edisi tersebut. Namun sayang, Ilham kini sudah tidak lagi menunjukkan batang hidungnya di Timnas Indonesia.

Ilham kini fokus berkarier bersama klubnya, Arema FC. Penampilan Ilham sebetulnya masih terasah, dirinya mampu mencetak dua gol dalam 10 laga terakhir Arema di Liga 1 2022-2023.

Namun Ilham kini hanya bisa berangan-angan kembali ke skuad Garuda. Sebab slot pemain sayap Timnas Indonesia sudah penuh.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)