Profil dan Biodata Ilham Leoisa, Anggota TNI AU Jawara WBC Asia Continental

Rabu, 05 Oktober 2022 - 20:03 WIB
loading...
Profil dan Biodata Ilham Leoisa, Anggota TNI AU Jawara WBC Asia Continental
Ilham Leoisa menjadi perhatian karena prestasinya di dunia tinju internasional/Foto/ANTARA/HO-XBC Sportech
A A A
JAKARTA - Ilham Leoisa menjadi perhatian karena prestasinya di dunia tinju internasional. pria berusia 32 tahun itu berhasil menjadi juara kelas welter WBC Asia Continental pada 2018 silam. Menariknya, Ilham merupakan anggota TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Lahir di Muntok, Bangka Barat, 4 Agustus 1990, Ilham menyukai olahraga tinju sejak kecil. Bahkan dikatakan sudah mengikuti tinju ketika usianya masih sekitar sepuluh tahun.



Bakat yang dimiliki oleh Ilham di dunia tinju merupakan turunan dari sang ayah yang merupakan pelatih tinju, Irwan Ismail. Oleh karena itu, Ilham pun telah berlatih dengan sang ayah sejak dirinya masih kecil.

Ilham akhirnya mencoba peruntungannya di dunia tinju amatir di usianya yang ke-20. Bertarung di Pekan Olahraga Provinsi tahun 2010 di Toboali Bangka Selatan, Ilham berhasil meraih medali emas pertamanya.



Meski begitu, dirinya tidak mau merasa puas dengan hasil yang didapatkan. Ilham pun mencoba peruntungannya di kejuaraan tinju profesional pada tahun 2014.

Untuk terus mengembangkan kemampuannya di dunia tinju, Ilham pun akhirnya memutuskan hijrah ke Yogyakarta pada tahun 2014. Setelahnya, anggota TNI tersebut memutuskan pindah ke Jakarta dan ditangani oleh pelatih asal Medan, Juven Saragih.

Di karier profesionalnya, Ilham pun berhasil mendapatkan gelar Juara Nasional versi KTI dan ATI. Dan pada tahun 2018, Ilham pun berhasil menjadi juara pada Kejuaraan Tinju WBC ABCO Asia usai mengalahkan petinju Thailand, Paiboon Lorkham, pada 2018 silam.

Meski harus membagi waktunya di dengan tinju, Ilham pun mendapatkan dukungan penuh dari TNI AU untuk melanjutkan kariernya. Dirinya pun akan kembali membidik gelar WBC Asia dalam waktu dekat.

Ilham akan kembali menghadapi petinju asal Thailand, Manat Sopatip, untuk bisa kembali menjadi juara. Pertarungan itu akan dilangsungkan di Bangkok pada Jumat (14/10/2022) mendatang.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)