IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Ajang Lahirkan Atlet Berprestasi dari NTT

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 22:47 WIB
loading...
IFG Labuan Bajo Marathon 2022 Ajang Lahirkan Atlet Berprestasi dari NTT
IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga / Foto: Istimewa
A A A
LABUAN BAJO - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendukung penuh program kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), yang menjadi bagian rangkaian acara bertajuk IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang akan diselenggarakan pada 29 Oktober 2022 mendatang.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga. Ajang ini digelar oleh Indonesia Financial Group (IFG) sebagai BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, berkolaborasi dengan anggota holding, serta menggandeng Mesa Race sebagai penyelenggara acara.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan terhadap pemerintah Indonesia dalam mempromosikan Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) dengan memanfaatkan tren marathon yang kian naik daun. IFG Labuan Bajo Marathon 2022 diharapkan bisa mengakselerasi kegiatan perekonomian dan pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah 2 (dua) tahun melambat akibat pandemi.

Selain bertujuan untuk memberikan dampak positif terhadap aspek ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Labuan Bajo serta Manggarai Barat, kegiatan ini diharapkan bisa mencetak atlet-atlet baru dari NTT yang berpotensi mengukir prestasi di lari nomor jarak menengah dan jarak jauh kancah nasional maupun internasional. Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng, mengapresiasi langkah IFG sebagai BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi dan sejumlah anak perusahaannya dalam memberikan penguatan literasi dan kampanye antisampah plastik dengan melibatkan dari anak-anak hingga masyarakat umum di Labuan Bajo.

"Hadirnya IFG melalui sejumlah kegiatan TJSL, di antaranya dengan membersihkan lingkungan di kawasan Waterfront dan Pantai Pede, mendapatkan respons dan apresiasi positif dari tokoh-tokoh dan masyarakat. Kami berharap apa yang dilakukan IFG dan anak perusahaannya bisa menginspirasi banyak pelaku ekonomi dan pariwisata serta menggugah masyarakat Labuan Bajo untuk terus berkomitmen menjaga kelestarian dan kebersihan Labuan Bajo sehingga berdampak pada peningkatan pariwisata dan perekonomian Labuan Bajo," ungkap Yulianus dalam keterangan persnya, Sabtu (7/10/2022).

Lebih lanjut, Yulianus juga menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat senantiasa mendukung dan menyambut baik pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dan mengajak elemen masyarakat Manggarai Barat untuk ikut berpartisipasi di kegiatan marathon tersebut."Ini adalah pertama kalinya ada event marathon berskala besar di Labuan Bajo. Kami telah memberikan arahan kepada seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIDA) untuk memberi dukungan penuh dan mengajak warga Manggarai Barat untuk ikut serta di “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”. Tunjukkan kita bisa!," seru Yulianus.

Kegiatan TJSL dalam rangka "IFG Labuan Bajo Marathon 2022" diprioritaskan kepada program-program yang sifatnya berkelanjutan dan memiliki dampak besar bagi masyarakat dan sejalan dengan prinsip penciptaan Creating Shared Value (CSV) yang menempatkan penciptaan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) secara bersama-sama. Untuk itu, IFG melibatkan berbagai kalangan, di antaranya pemerintah setempat, pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemerhati pendidikan dan UMKM, pegiat lingkungan, serta seluruh lapisan masyarakat di Labuan Bajo.

"Sebagai salah satu Daerah Super Prioritas (DSP) yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah, tentu IFG memberikan atensi penuh pada Labuan Bajo. Salah satunya dengan menyelenggarakan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” dengan konsep sport tourism. Selain marathon, rangkaian kegiatan itu juga melingkupi lomba dayung, pameran UMKM, cultural and food festival, dan aksi TJSL yang dilakukan setiap pekan, yang kami harap bisa lebih meningkatkan pariwisata dan perkonomian setempat," ungkap Rizal Ariansyah selaku Direktur SDM IFG.

Rizal juga menekankan salah satu tujuan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” untuk memperkenalkan Labuan Bajo ke dunia internasional. “Kami ingin mengampanyekan Labuan Bajo sebagai suatu destinasi yang harus diketahui oleh masyarakat Indonesia dan ke depannya kami harap oleh dunia internasional,” tambahnya.

“IFG Labuan Bajo Marathon 2022” menjanjikan hal yang belum tentu didapat di kegiatan marathon lainnya, yakni rute super menantang, dibalut dengan keindahan pemandangan alam Labuan Bajo yang begitu indah atau the most challenging marathon route with the most beautiful scene. Ajang ini akan melombakan kategori Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, serta lomba kelompok Ekiden (estafet 5K) dan Kids Dash 100M.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)