Inilah 5 Stadion Termegah di Qatar Sambut Piala Dunia 2022

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Stadion yang telah dibuka pada 2020 lalu ini memiliki desain yang begitu unik, terdapat simbol-simbol budaya Qatar yang spektakuler dan bergelombang dengan bahan ramah lingkungan.

4. Stadion Al Thumama
Inilah 5 Stadion Termegah di Qatar Sambut Piala Dunia 2022

Stadion Al Thumama telah dibangun sejak 2017 dan dikenalkan kepada publik pada 22 Oktober 2021 lalu. Penamaan stadion, Al Thumama, juga diambil dari pohon Al Thumama yang biasa ditemukan di Qatar.

Kapasitas stadion ini dapat menampung 40.000 penonton dan lokasinya terletak 12 kilometer dari Doha, dekat dengan Bandara Internasional Hamad. Al Thumama juga memiliki banyak fasilitas untuk berbagai macam olahraga, tersedia trek untuk berlari dan bersepeda di sekitar stadion.

Desain bangunan luar Stadion Al Thumama melambangkan Gahfiya. Ghafiya merupakan topi tenun tradisional atau yang bisa dikatakan sebagai peci, yang mana dipakai oleh laki-laki di seluruh dunia Arab dan sekitarnya.

5. Stadion Al Janoub
Inilah 5 Stadion Termegah di Qatar Sambut Piala Dunia 2022

Stadion Al Janoub atau yang dulunya bernama Stadion Al Wakrah, adalah salah satu stadion yang akan digunakan sebagai venue pada Piala Dunia 2022. Stadion Al Janoub dapat menampung sekitar 40.000 penonton. Delapan pertandingan Piala Dunia akan berlangsung di sini.

Stadion Al Janoub sempat mengundang perhatian dunia karena bentuk bangunannya yang mirip alat vital perempuan. Namun anggapan tersebut dibantah langsung oleh arsiteknya, yang mengatakan bahwa desainnya terinspirasi dari perahu layar tradisional yang mana digunakan oleh orang-orang zaman dahulu.

Pembangun Stadion Al-Janoub dimulai pada 2014 dan diresmikan pada 16 Mei 2019 lalu. Stadion ini memiliki desain yang istimewa serta unik, dengan atap yang dapat dibuka. Didesain oleh arsitek asal Irak, Zaha Hadid, bersama AECOM, menjadikan keunikan dari Stadion Al Janoub sudah terlihat jelas dari kejauhan.

MGG/Vadma Gempita
(sto)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)