Roboh di Ronde 3, Shavkat Rakhimov Rebut Gelar IBF usai Menang KO

Minggu, 06 November 2022 - 13:14 WIB
loading...
Roboh di Ronde 3, Shavkat Rakhimov Rebut Gelar IBF usai Menang KO
Roboh di Ronde 3, Shavkat Rakhimov Rebut Gelar IBF usai Menang KO/The national
A A A
Kemenangan bersejarah diraih oleh Shavkat Rakhimov dengan merebut gelar kelas ringan junior IBF usai menang KO atas Zelfa Barrett meski sempat roboh di ronde 3. Shavkat Rakhimov mencetak sejarah dalam percobaan kedua merebut sabuk IBF dengan kemenangan KO ronde kesembilan atas Zelfa Barrett.

Rakhimov dijatuhkan di ronde ketiga tetapi bangkit kembali dengan balik meng-KO Barrett melalui penghentian pada 2:35 dari ronde sembilan di Etihad Arena di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kemenangan tersebut merupakan bagian dari tiga pertarungan perebutan gelar di Abu Dhabi.



Rakhimov awalnya akan menantang Joe Cordina dari Wales, yang dicopot dari gelar IBF karena menderita patah tangan yang membutuhkan operasi yang membuatnya tidak dapat mempertahankan sabuk tepat waktu. Si kidal yang tak terkalahkan—yang dilatih oleh Hall of Famer Freddie Roach—tampaknya tidak peduli siapa yang dia hadapi dalam tantangan gelar besar keduanya, karena dia dengan cepat beradaptasi dengan Barrett.

Dalam duel brutal di ronde tiga, sebuah pukulan tangan kanan dari Barrett membuat Rakhimov terjatuh. Rakhimov meraih tali ring untuk menstabilkan dirinya. Rakhimov menemukan momentum di ronde enam untuk menekan Barrett.

Barrett yang mulai kehabisan energi di ronde kedelapan dimanfaatkan Rakhimov secara efektif dalam melepaskan serangan. Rakhimov menjatuhkan Barrett dengan sedikit lebih dari satu menit, menyebabkan pergeseran momentum yang dramatis. Barrett bisa bangkit mengalahkan hitungan tetapi tim sudutnya sudah siap untuk menyerah.

Rakhimov mengakhiri pertarungan dengan mengirim Barrett ke kanvas untuk kedua kalinya sehingga memaksa wasit Mark Nelson untuk segera menghentikan pertandingan. Kekalahan itu membuat Barrett memiliki rekor 28-2 (16KO).



Kemenangan tersebut membuat Rakhimov menambah rekor ring 17-0-1 (14KO) sebagai petinju kelahiran Tajikistan pertama yang memenangkan gelar besar. Itu terjadi pada percobaan keduanya, setelah melawan Joseph 'JoJo' Diaz yang kelebihan berat badan hingga hasil imbang dua belas ronde dalam pertarungan gelar lowong IBF pada Februari lalu di Indio, California.

Sesuai keputusan IBF, Rakhimov harus—dan sudah masuk ke—pertahanan berikutnya melawan Joe Cordina. Pertarungan itu diperkirakan akan berlangsung awal musim semi mendatang.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)