12 Kemenangan Lennox Lewis yang Mengguncang Jagat Tinju

Sabtu, 12 November 2022 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Untuk sekali ini, setidaknya menurut kisah rekaman itu, Lewis berada dalam posisi yang tidak biasa karena kalah secara fisik. Grant lebih tinggi, lebih berat, lebih muda, dan dengan jangkauan yang lebih jauh. Petinju Amerika itu merangsek dengan agresif, tetapi Lewis memukulnya ke kanvas tiga kali di ronde pembukaan dan menghabisinya dengan pukulan yang sangat dahsyat di ronde kedua.

8. TKO6 Tommy Morrison, 7 Oktober 1995
Setahun setelah kekalahan mengejutkannya dari Oliver McCall, Lewis masih dalam proses membangun kembali di bawah asuhan Manny Steward. Morrison adalah petinju kelas berat berkualitas tinggi dengan pukulan hook kiri yang berbahaya, dan dia melakukan penyelesaian mendebarkan atas Razor Ruddock, tetapi Lewis membuatnya terlihat mudah.

Aliran jabs yang kaku dan hak yang keras menghantam wajah Morrison, dan ketika dia dipukul ke lantai untuk keempat kalinya oleh serangkaian pukulan hook dan pukulan yang berat di ronde tujuh, wasit Mills Lane sudah cukup melihatnya.

7. MD12 Ray Mercer, 10 Mei 1996
Dalam pertemuan antara dua peraih medali emas Olimpiade Seoul 1988, Lewis memutuskan lawan yang mampu dan berbahaya. Dengan kekalahan dari McCall masih berlanjut, penonton trans-Atlantik yang skeptis tetap tidak yakin bahwa Lewis cukup tangguh untuk menjadi juara kelas berat lagi.

Tetapi melawan mantan marinir yang kuat dan rahang besi, Lennox menunjukkan bahwa dia bisa bertarung melawan pesaing top Amerika. Pertarungan itu brutal, jarak dekat, tetapi menghilangkan mitos bahwa Lewis tidak memiliki hati atau kemampuan untuk melakukan pukulan.

6. KO8 Mike Tyson, 8 Juni 2002
Jika megaduel ini terjadi pada pertengahan tahun sembilan puluhan, itu akan berada tepat di bagian atas daftar ini. Sedihnya, pada tahun 2002 puncak "Iron" Mike tinggal kenangan. Tapi sementara mitos tak terkalahkan Tyson telah lama terungkap, cengkeraman magnetisnya pada kesadaran publik tetap kuat, menjadikan pertandingan itu salah satu peristiwa terlaris dalam sejarah.

Mike memulai dengan positif, bahkan menghubungkan dengan hook kiri yang tampak berbahaya, tetapi sekringnya padam dengan cepat. Lewis kemudian mendominasi di belakang pukulannya yang panjang dan menyakitkan hingga tangan kanan yang besar menutup buku tentang persaingan terakhir yang tersisa dari era kelas berat yang hebat.

5. TKO6 Vitali Klitschko, 21 Juni 2003
“Dr. Ironfist,” melangkah dalam waktu hanya dua minggu, membawa pertarungan langsung ke sang juara, dan kekecewaan tampaknya mungkin terjadi karena Lewis diguncang lebih awal dan di belakang semua kartu skor. Tetapi setelah mengambil pukulan terbaik raksasa dalam pertarungan yang lebih keras dari yang diperkirakan, Lennox mendapatkan kembali kendali dan mulai melakukan pukulan tangan kanan dan pukulan yang mengerikan.

Klitschko, linglung tapi menantang, ditarik keluar setelah ronde keenam karena luka mengerikan akibat pukulan Lewis di wajahnya. Fakta bahwa Vitali kemudian menjadi salah satu petinju kelas berat terbaik di era berikutnya adalah bukti kehebatan Lewis.

4. UD12 Evander Holyfield, 13 November 1999
Tidak diragukan lagi pertemuan pertama dengan "The Real Deal" di Madison Square Garden harus dianggap sebagai kemenangan. Keputusan imbang dari juri salah satu yang paling kontroversial dalam beberapa dekade, tetapi kebenaran sederhananya adalah kedua pria itu tidak dalam kondisi terbaiknya malam itu. Holyfield nyaris tidak muncul, sementara Lewis terlalu berhati-hati dan ragu-ragu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)