Jaime Munguia Tantang Gennadiy Golovkin usai Menang KO Ronde 3

Senin, 21 November 2022 - 15:32 WIB
loading...
Jaime Munguia Tantang Gennadiy Golovkin usai Menang KO Ronde 3
Jaime Munguia Tantang Gennadiy Golovkin usai Menang KO Ronde 3/BoxinG Scene
A A A
Jaime Munguia menantang Gennadiy Golovkin untuk bertarung setelah menang KO ronde ketiga atas Gonzalo Coria di Arena Astros, Guadalajara, akhir pekan lalu. Jaime Munguia memenuhi permintaan publik yang menyerukan pertarungan lebih bermakna melawan Gennadiy Golovkin untuk menjadi juara dua divisi. ''[Gennadiy] Golovkin, sampai jumpa di bulan Mei 2023,''kata Jaime Munguia.

Seruan itu datang selama wawancara pasca kemenangan KO ronde ketiga Jaime Munguia atas Gonzalo Coria dari Argentina (21-6, 8KO), yang ia kalahkan dua kali dalam perjalanan menuju kemenangan besar pada Sabtu malam di Arena Astros di Guadalajara, Meksiko. Selain Golovkin, Munguia disarankan duel melawan pemegang sabuk WBC Jermall Charlo (32-0, 22KO).



Munguia dari Tijuana yang memiliki rekor 41-0 (33KO) sebelumnya berada dalam posisi untuk menantang Charlo pada Juni lalu di kampung halaman Amerika di Houston, Texas. Kesepakatan tampaknya tercapai untuk siaran eksklusif Showtime. Namun, rencana itu berantakan ketika ko-promotor Munguia, Zanfer Boxing dan Golden Boy Promotions, bersikeras bahwa DAZN harus terlibat dalam beberapa kapasitas.

Munguia sebenarnya telah bertarung dua kali sejak pembicaraan yang gagal itu — menang KO ronde kelima atas Jimmy 'Kilrain' Kelly pada 11 Juni dan kemenangan hari Sabtu atas Coria — sementara Charlo tidak bertarung sama sekali pada tahun 2022 atau sejak Juni lalu. Tidak jelas kapan Charlo akan diizinkan untuk kembali ke ring, yang mendorong Munguia untuk meninjau kembali rencana lama untuk mencari musuh baru.

Penyebutan signifikan pertama tentang Munguia dalam pertarungan yang relevan datang ketika timnya berusaha untuk bertarung dengan Golovkin yang saat itu tidak terkalahkan untuk membantu menyelamatkan pertaurngan Mei 2018 di Las Vegas. Golovkin dijadwalkan untuk pertandingan ulang Saul 'Canelo' Alvarez, dengan rencana tersebut ditunda hingga September 2018 karena Canelo dari Guadalajara dikenai skorsing enam bulan oleh Komisi Atletik Negara Bagian Nevada karena dites positif untuk jumlah jejak Clenbuterol awal Februari itu.

Munguia dipandang sebagai prospek kelas menengah junior yang sedang naik daun pada saat itu. Tingkat kompetisinya tidak cukup untuk komisi Nevada untuk menyetujuinya sebagai lawan Golovkin, karena keduanya berpisah. Munguia kemudian memenangkan gelar kelas menengah junior WBO dalam KO ronde keempat dari Sadam Ali, menjejalkan lima pertahanan gelar dalam 14 bulan.

KO ronde keempatnya atas Patrick Allotey pada September 2019 adalah yang terakhir sebagai juara kelas menengah junior, melepaskan sabuknya akhir tahun itu untuk berkampanye di kelas menengah. Pada saat itu, Golovkin menderita kekalahan pertamanya — keputusan mayoritas dari Canelo dua belas bulan setelah keduanya bertarung imbang — untuk mengakhiri gelar kelas menengah WBA / WBC / IBF yang bersatu.

Dia juga mendapatkan kembali sabuk IBF-nya pada saat Munguia tiba di kelas menengah, mengungguli Sergiy Derevyanchenko pada Oktober 2019 dan hanya mempertahankan dua gelar. Salah satunya datang awal tahun ini dalam KO ronde kesembilan dari Ryota Murata dalam pertarungan unifikasi WBA/IBF 9 April di Saitama, Jepang.



Golovkin kemudian kalah dalam keputusan dua belas ronde dari Canelo dalam pertarungan trilogi 17 September mereka untuk kejuaraan kelas menengah super. Perpindahan kembali ke kelas menengah bertemu dengan dua pertahanan gelar wajib menunggu — Pemegang WBA 'Reguler' Erislandy Lara dan penantang nomor satu IBF Esquiva Falcao.

Munguia tidak diragukan lagi memenuhi syarat untuk disetujui sebagai penantang Golovkin di mana pun di dunia pada saat ini. Apakah dia dapat melewati batas atau tidak untuk mendapatkan dia berikutnya adalah percakapan lain, meskipun dia siap untuk menghadapi kritik yang berkembang atas lari kelas menengah yang lembut ke titik ini.

“Saya senang berada di atas ring,” aku Munguia setelah kemenangan hari Sabtu sebelum fokus pada musim 2023 yang lebih produktif. “Tahun ini kami tidak bisa melakukan Charlo, tapi mudah-mudahan kami bisa melakukannya tahun depan.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3687 seconds (0.1#10.140)