alexametrics

Renault Rekrut Alonso, Vettel Gabung Tim Medioker?

loading...
Renault Rekrut Alonso, Vettel Gabung Tim Medioker?
Pembalap F1 Sebastian Vettel masa depannya kian tak pasti setelah pecah kongsi dengan Ferrari/Foto/EssentiallySports
A+ A-
LONDON - Renault resmi menggandeng mantan pembalapnya, Fernando Alonso, untuk bermitra dengan Esteban Ocon pada musim balap 2021. Sebastian Vettel yang semula digadang-gadang akan ke Renault kini masa depannya kian tak pasti setelah pecah kongsi dengan Ferrari.

Ferrari mengumumkan pada 12 Mei 2020 bahwa mereka berpisah dengan juara dunia Formula Satu (F1) empat kali Sebastian Vettel setelah musim 2020, enam tahun setelah memulai kemitraan yang seharusnya meniru kesuksesan yang dinikmati Scuderia dengan Michael Schumacher pada pergantian milenium. (Baca juga: Resmi Kembali ke Lintasan F1 Alonso Gabung Renault).

Pimpinan tim Ferrari Mattia Binotto menjelaskan bahwa Vettel telah menjadi "pilihan pertama" pakaian itu hingga awal tahun, tetapi pandemi coronavirus memaksanya untuk mencari opsi lain dan akhirnya mengamankan layanan pembalap Spanyol Carlos Sainz untuk musim 2021.

Vettel, bagaimanapun, telah membantah klaim Binotto dan juga mengungkapkan bahwa dia tidak pernah ditawari kesepakatan untuk musim 2021. Vettel tidak percaya pandemi virus corona menjadi alasan performa Ferrari menurun pada Formula Satu (F1) 2020. (Baca juga: Kekecewaan Vettel Pada Tim Kuda Jingkrak).



Vettel dan Ferrari berulang kali mendapat kritikan karena gagal mengambil langkah mengakhiri dominasi Mercedes di F1 sejak awal era turbo V6 pada tahun 2014.

Meskipun Ferrari telah membuat langkah signifikan dalam beberapa tahun terakhir untuk muncul sebagai penantang terdekat Mercedes, tapi kinerja tim Italia itu cenderung berkurang di paruh kedua dari tiga kampanye terakhir.



Vettel, sementara itu, telah dikritik karena beberapa kesalahan di pihaknya sendiri, dan dikalahkan oleh rekan setimnya yang baru Charles Leclerc selama tahun pertama mereka bersama di Ferrari pada tahun 2019. (Baca juga: Tak Mau Gagal di GP Styrian, Bos Ferrari Perintahkan Mobil SF1000 Ditingkatkan).

Keluarnya Vettel dari Ferrari datang pada waktu yang tidak tepat dimana hampir semua tim terkemuka sudah memiliki kontrak dengan pembalapnya untuk tahun 2021, atau sedang dalam proses memperbarui kesepakatan dengan driver yang ada.

Kedua kursi Mercedes kosong untuk 2021, tetapi CEO Daimler Ola Kallenius mengisyaratkan di Austria bahwa Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas akan melanjutkan kemitraan mereka untuk musim kelima tahun depan.

Red Bull belum menandatangani rekan setimnya untuk Max Verstapen untuk tahun depan, tetapi Petinggi Red Bull Helmut Marko mengatakan awal tahun ini bahwa Red Bull tidak sedang mempertimbangkan Vettel karena "tidak mampu" untuk menandatangani pembalap yang menjadi juara empat kali bersama Red Bull antara 2010-13.

Dengan McLaren dan sekarang Renault yang juga telah memperkuat jajaran pembalap mereka, Vettel kehabisan pilihan untuk mengamankan kursi kompetitif.

Vettel dapat mengikuti jejak mantan rekan setimnya Kimi Raikkonen dan mengamankan tempat di tim medioker, meskipun dia harus mengambil potongan gaji yang cukup besar dan tidak akan menikmati prospek bertarung untuk kemenangan reguler.

Di antara tim lini tengah, Haas dan Alfa Romeo belum mengumumkan pembalap mereka untuk 2021, sementara ada juga kursi kosong di Williams, dengan George Russell menjadi satu-satunya pembalap yang dikonfirmasi oleh tim yang berbasis di Grove, Oxfordshire, Inggris.

Tim junior Red Bull yang berganti nama AlphaTauri juga memiliki dua tempat kosong, tetapi tidak mungkin tim itu akan bertentangan dengan proyek pembalap pemula.

Kursi kosong di tim 2020

Mercedes - dua kursi
Ferrari - tidak ada
Red Bull - satu kursi
McLaren - tidak ada
Renault - tidak ada
Aston Martin/Racing Point - tidak ada
AlphaTauri - dua kursi
Alfa Romeo - dua kursi
Haas - dua kursi
Williams - satu kursi

Sejumlah kontrak pembalap akan berakhir tahun ini. Dikutip motorsport.com, kontrak Hamilton dan Bottas akan diperbarui pada akhir musim. Kesepakatan Alex Albon selama satu tahun dengan Red Bull juga berakhir setelah 2020.

AlphaTauri belum menandatangani kembali baik Daniil Kvyat atau Pierre Gasly, dan keputusan akan tergantung pada kombinasi faktor.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak