Polandia vs Arab Saudi: Bialo-czerwon Rebut Posisi Pertama Grup C

Sabtu, 26 November 2022 - 22:10 WIB
loading...
Polandia vs Arab Saudi: Bialo-czerwon Rebut Posisi Pertama Grup C
Polandia berhasil mengalahkan Arab Saudi 2-0 pada laga kedua Grup C Piala Dunia 2022. Robert Lewandowski dkk sukses meraih kemenangan pertamanya di Qatar. Foto: REUTERS/Issei Kato
A A A
AL RAYYAN - Polandia berhasil mengalahkan Arab Saudi 2-0 pada laga kedua Grup C Piala Dunia 2022. Robert Lewandowski dkk sukses meraih kemenangan pertamanya di Qatar.

Polandia hanya bermain imbang 0-0 saat melawan Meksiko pada partai pertama. Dengan hasil ini, wakil Eropa itu untuk sementara naik ke posisi pertama dengan torehan empat poin.

Bentrok di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (26/11/2022) malam, Bialo-Czerwoni –julukan Polandia- sempat kerepotan mengatasi Arab Saudi yang bermain lebih dominan.

Namun, Polandia bisa mencuri satu gol lewat Piotr Zielinski pada menit 39. Arab Saudi sebenarnya punya kesempatan menyamakan skor. Namun, penalti Salem Al Dawsari di akhir paruh pertama urung berbuah gol.

Pada babak kedua, Robert Lewandowski bisa menambah keunggulan bagi timnya di menit ke-82. Itu sudah cukup memastikan Polandia meraih poin penuh.



Setelah melibas Argentina 2-1 di laga pembuka, Arab Saudi selaku wakil Asia mengawali pertandingan dengan sangat percaya diri.

Mereka mendominasi dengan tempo permainan yang tinggi. Namun, di sisi lain Polandia juga menerapkan pressing ketat yang membuat intensitas pertandingan menjadi sangat cepat.

Terus menekan, Arab Saudi memperoleh peluang emas pada menit 14. Namun, tendangan keras Mohammed Kanno yang menyambar umpan tarik Firas Al Buraikan bisa ditepis Wojciech Szczesny.

Setelah itu pertandingan berjalan sangat keras hingga Polandia mendapat tiga kartu kuning dalam kurun waktu empat menit.

Polandia nyaris memecah kebuntuan pada menit 26 jika tandukan Krystian Bielik yang menyambut sepak pojok Zielinski tak disundul oleh Saleh Al Shehri di mulut gawang Arab Saudi yang sudah tak terkawal.

Selepas setengah jam laga berjalan, Bialo-Czerwoni mulai bisa menguasai pertandingan. Pada akhirnya, mereka berhasil menjebol gawang Arab Saudi pada menit 39.

Kedudukan berubah jadi 1-0 berkat tendangan keras Zielinski yang memanfaatkan umpan manis Lewandowski di kotak penalti.

Namun, pada menit 44, Pasukan Harve Renard mendapat hadiah penalti setelah Bielik melanggar Al Shehri. Itu menjadi kesmepatan bagi Arab Saudi untuk menyamakan kedudukan.

Sayangnya, Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan baik karena tendangannya ditepis oleh Szczesny, yang kemudian juga menghalau bola rebound yang disambar Mohammed Al Burayk.

Pada menit-menit akhir babak pertama, Arab Saudi terus menekan. Namun, Polandia masih bisa menjaga keunggulan mereka dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi masih mendominasi penguasaan bola. Mereka memaksa Polandia bermain cukup dalam dan mengandalkan serangan balik saja.

Pada menit 56, Tim Elang Hijau pun nyaris menyamakan kedudukan lewat sontekan Al Dawsari dalam situasi kemelut di mulut gawang Polandia tetapi Szczesny kembali melakukan penyelamatan gemilang.

Empat menit berselang, gantian Al Buraikan yang memberi ancaman tetapi tendangan kerasnya dari jarak dekat masih menyamping tipis di sisi kiri gawang kiper Juventus itu.

Tak cuma bertahan, Polandia gantian menebar ancaman pada menit 64 dan hampir menggandakan keunggulan mereka lewat Milik.

Sayangnya, tandukan striker Juventus itu yang menyambar umpan silang Frankowski malah membentur mistar gawang.

Dua menit berselang, giliran Lewandowski yang mendapat peluang emas. Namun, lagi-lagi tiang gawang menyelamatkan Arab Saudi karena sepakannya membentur tiang setelah sempat ditepis Mohammed Al Owais.

Pada menit 82, akhirnya Lewandowski benar-benar berhasil membawa Polandia unggul 2-0. Dia memanfaatkan kesalahan umpan di lini pertahanan lawan dan kemudian melesatkan tendangan mendatar yang sangat akurat.

Tujuh menit kemudian, penyerang Barcelona itu kembali mendapat peluang satu lawan satu. Tetapi, kali ini tendangannya bisa ditepis oleh Al Owais.

Polandia terus menekan Arab Saudi di menit-menit akhir, namun skor 2-0 itu tak berubah lagi hingga laga usai. Alhasil, mereka sukses membawa poin penuh.



Susunan pemain Polandia vs Arab Saudi:

Polandia (3-5-2): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jakub Kiwior; Matty Cash, Krystian Bielik, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski, Przemyslaw Frankowski; Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski.

Cadangan: Artur Jedrzejczyk, Mateusz Wieteska, Jan Bednarek, Damian Szymanski, Kamil Grosicki, Lukasz Skorupski, Jakub Kaminski, Karol Swiderski, Szymon Zurkowski, Sebastian Szymanski, Nicola Zalewski, Kamil Grabara, Krzysztof Piatek, Robert Gumny, Michal Skoras.

Pelatih: Czeslaw Michniewicz.

Arab Saudi (4-5-1): Mohammaed Al Owais; Saud Abdulhamid, Abdulelah Ali Awadh Al Amri, Ali Al Bulayhi, Mohammed Al Burayk; Abdelelah Al Malki, Firas Al Buraikan, Sami Al Najei, Mohammed Kanno, Salem Al Dawsari; Saleh Al Shehri.

Cadangan: Mohammed Al Yami, Sultan Al Ghannam, Abdullah Madu, Abdullah Otayf, Ali Al Hassan, Hassan Altambakti, Nawaf Al Abed, Hattan Bahebri, Abdulrahman Alobud, Nawaf Alaqifi, Nasser Aldawsari, Haitham Asiri.

Pelatih: Herve Jean Marie Roger Renard
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)