Wojciech Szczesny Ukir Rekor Impresif Usai Gagalkan Penalti Arab Saudi

Sabtu, 26 November 2022 - 23:44 WIB
loading...
Wojciech Szczesny Ukir Rekor Impresif Usai Gagalkan Penalti Arab Saudi
Kiper Timnas Polandia Wojciech Szczesny menorehkan rekor impresif usai menahan tembakan penalti Arab Saudi/Foto/Reuters
A A A
AL RAYYAN - Kiper Timnas Polandia Wojciech Szczesny menorehkan rekor impresif usai menahan tembakan penalti Arab Saudi di laga kedua Grup C Piala Dunia 2022 . Penjaga gawang Juventus itu selain sukses menahan penalti, juga menjaga clean sheet.

Sejumlah aksi penyelematan Szczesny membawa timnya menang 2-0 atas Arab Saudi di Education City Stadium, Al Rayyan, Sabtu (26/11/2022) malam WIB.

Baca juga: Hasil Tunisia vs Australia: Socceroos Jaga Asa ke Babak Gugur

Bialo-Czerwoni –julukan Polandia- berhasil membuka papan skor pada menit ke-39 lewat tendangan Piotr Zielinski. Akan tetapi, empat menit kemudian Arab Saudi mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan setelah diberi hadiah penalti oleh wasit atas pelanggaran yang dilakukan Krystian Bielik pada Saleh Al Shehri.

Beruntung bagi Robert Lewandowski dkk, sebab kiper Szczesny mampu menepis tendangan penalti yang dieksekusi Salem Al Dawsari. Kiper Juventus itu sukses membaca arah bola mendatar yang menuju ke kanannya.

Baca juga: Lionel Scaloni Pastikan Argentina Bakal Habis-habisan Hadapi Meksiko

Bahkan, kemudian mantan kiper Arsenal itu dengan sigap menepis bola rebound yang disambar Mohammed Al Burayk. Dia pun terus menjaga gawangnya dari kebobolan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dilansir dari Twitter @OptaJoe, Sabtu (26/11/2022), penyelamatan itu membuat Szczesny menjadi kiper ketiga yang berhasil menepis penalti dan juga mencatatkan clean sheet di Piala Dunia 2022. Dua penjaga gawang lainnya, yang melakukannya adalah jagoan Belgia, Thibaut Courtois, dan andalan Meksiko, Guilermo Ochoa.

Menurut catatan OptaJoe, prestasi yang dilakukan oleh ketiga kiper tersebut merupakan catatan terbanyak yang pernah terjadi dalam satu Piala Dunia sejak perekaman data dimulai pada edisi 1966 lalu. Mereka benar-benar menjadi pahlawan bagi negara mereka masing-masing.

Szczesny membuat beberapa penyelamatan penting lainnya dalam laga itu, termasuk saat menepis sontekan Al Dawsari di mulut gawangnya pada awal babak kedua. Dia juga sukses menepis tendangan keras Mohammed Kanno di awal babak pertama, yang menghujam sangat keras ke arahnya.

Kemudian, gol kedua Polandia berhasil ditorehkan Robert Lewandowski pada menit 82. Alhasil, Kamil Glik dan kolega tak mampu dikejar lagi oleh Pasukan Harve Renard.

Kemenangan yang dipersembahkan oleh kiper berusia 32 tahun itu pun membawa Polandia sementara naik ke puncak klasemen Grup C Piala Dunia 2022 dengan koleksi empat poin. Sedangkan Arab Saudi masih bertahan di urutan kedua dengan tiga poin karena Meksiko dan Argentina yang ada di bawah mereka baru akan bertanding dini hari nanti.

(sha)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1744 seconds (10.101#12.26)