Kisah Muhammad Ali Duel Lawan Richard Dunn Tukang Bangunan yang Melegenda

Senin, 05 Desember 2022 - 14:37 WIB
loading...
Kisah Muhammad Ali Duel Lawan Richard Dunn Tukang Bangunan yang Melegenda
Kisah Muhammad Ali Duel Lawan Richard Dunn Tukang Bangunan yang Melegenda/TalkSport
A A A
Kisah Muhammad Ali duel lawan Richard Dunn seorang tukang bangunan yang merupakan kemenangan KO terakhir dengan menggunakan pukulan khusus dari Bruce Lee. Kemenangan KO terakhir Muhammad Ali itu terjadi saat melawan tukang bangunan pemberani asal Bradford, Inggris, bernama Richard Dunn.

Pada saat pertarungan yang digelar 24 Mei 1976, The Greatest berusia 34 tahun dan memasuki masa kekuasaan keduanya sebagai juara dunia kelas berat. Dua tahun sebelumnya, pada tahun 1974, Ali mengalahkan George Foreman untuk merebut kembali mahkotanya dalam 'Rumble in the Jungle'.

Setelah itu, Ali muncul sebagai pemenang dari pertarungan triloginya dengan Joe Frazier - 'Thrilla in Manila' - pada tahun 1975. Sang juara membuat tiga kali mempertahankan gelar dalam empat bulan melawan penantang yang lebih rendah. Yang ketiga ditetapkan untuk melawan juara Eropa di Munich, Jerman.



Bernd August dari Jerman didapuk untuk tugas ini dan harus melewati satu pertarungan terakhir dengan juara Inggris dan Persemakmuran untuk mengamankan tempatnya sebagai penantang Ali berikutnya. Richard Dunn, bahkan tidak dapat sepenuhnya mendedikasikan dirinya untuk tinju, tetap dalam pekerjaannya sebagai tukang bangunan selama kariernya dan tidak mampu membayar rekan tanding.

Dia diremehkan saat melawan August karena telah mengalami sembilan kekalahan dalam kariernya, sementara sang juara asal Jerman itu hanya kalah dua kali sebelumnya. Namun, Dunn memiliki ide lain dan mengukir penampilan terbaiknya, menghentikan August dalam tiga ronde untuk merebut gelar Eropa dan mengambil kesempatan melawan Ali.

Kemenangan itu menjadi tiket bagi Dunn pada 24 Mei 1976 untuk melakukan perjalanan ke Munich melawan The Greatest, menjadi selebritas dalam semalam saat pertarungan diumumkan. Ali tetap tenang menghadapi Dunnyang kidal. "Saya tidak peduli apakah itu kaki utara, kidal, kaki timur atau kaki barat, tidak masalah apa kaki Anda saat saya mendapatkan Anda,"kata Ali.

Dalam pertarungan itu sendiri, Ali terbukti benar. Dunn kalah secara signifikan dan mendapati dirinya jatuh lima kali. Knockdown terakhir terjadi pada ronde kelima, saat Dunn dihancurkan oleh tangan kanan pendek super cepat yang kemudian diungkapkan Ali bahwa dia telah belajar dari grandmaster taekwondo Jhoon Rhee.

Rhee menggambarkannya sebagai 'AccuPunch' dan menjelaskan bahwa dia telah diajari oleh Bruce Lee yang legendaris, yang menarik minat Ali. Jurus Bruce Lee itu menjadi pukulan yang sangat cepat berdasarkan waktu reaksi manusia, yang harus dieksekusi sangat cepat sehingga sudah mendarat sebelum otak lawan dapat merespons untuk memblokirnya.

Meskipun tidak membocorkan rahasia lengkap dari teknik ini, Ali berkata: ''Itu bekerja tepat pada saat Anda memutuskan untuk memukul, dan tidak ada jeda waktu sama sekali. Itu instan. Itu bergerak dengan kecepatan luar biasa tanpa peringatan dan berakselerasi seperti peluru dalam penerbangan. Anda hampir tidak bisa melihatnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)