7 Negara yang Belum Pernah Juara Piala AFF, Salah Satunya Indonesia Spesialis Runner-up

Selasa, 20 Desember 2022 - 20:00 WIB
loading...
7 Negara yang Belum Pernah Juara Piala AFF, Salah Satunya Indonesia Spesialis Runner-up
Daftar negara yang belum pernah meraih gelar Piala AFF sepanjang sejarah akan dibahas di artikel ini. Setidaknya ada 7 negara yang belum pernah jadi juara. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Daftar negara yang belum pernah meraih gelar Piala AFF sepanjang sejarah akan dibahas di artikel ini. Setidaknya ada 7 negara yang belum pernah jadi juara.



Piala AFF 2022 akan berlangsung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Ajang sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara ini telah terselenggara sejak 1996.

Selama event itu digelar hanya empat negara yang pernah meraih gelar, yakni Malaysia, Thailand, Singapura dan Vietnam. Artinya, lebih banyak peserta yang belum pernah jadi juara.



Berikut tujuh negara yang belum pernah juara Piala AFF sepanjang sejarah.

1. Filipina

Pada beberapa edisi Piala AFF terakhir, Filipina kerap menampilkan pemain-pemain keturunan dan naturalisasi. Ini karena sepak bola bukan cabang olahraga yang populer di sana.

Meski telah dibantu sejumlah pemain bule, faktanya Filipina belum juga bisa menjuarai Piala AFF. Sepanjang keikutsertaannya, The Azkals bahkan belum pernah bisa menembus final.

Terakhir kali, pada gelaran Piala AFF 2020, mereka justru tidak lolos dari fase grup. Di Grup A, Filipina hanya menempati peringkat ketiga di bawah Thailand dan Singapura.

2. Myanmar

Selama mengikuti Piala AFF, prestasi terbaik yang mereka raih adalah menjadi juara keempat, tepatnya pada edisi 2004. Pada perebutan tempat ketiga, kala itu Myanmar dikalahkan Malaysia 1-2.

Pada ajang Piala AFF 2022 ini, skuad asuhan Antoine Hey itu berada di Grup B bersama Laos, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

3. Kamboja

Kamboja menjadi salah satu kontestan di Piala AFF 2022. Sepanjang keikutsertaannya dalam gelaran ini, Angkor Warriors belum pernah melangkah lebih jauh dari fase grup.

Pada edisi terakhir, Kamboja yang tergabung dalam Grup B hanya bisa finish di peringkat keempat dengan raihan 3 poin dari 1 kali kemenangan dan 3 kali kekalahan.

4. Brunei

Pada Piala AFF 2022, Brunei akan kembali menjadi salah satu pesertanya. Tercatat, terakhir kali mereka mengikuti ajang ini adalah pada tahun 1996 alias edisi pertama.

Setelahnya, timnas Brunei selalu absen dari edisi-edisi AFF berikutnya dengan berbagai alasan yang berbeda.

5. Laos

Pada ajang Piala AFF, Laos pun belum pernah meraih prestasi yang membanggakan. Alih-alih menjadi juara turnamen, mereka justru selalu gugur di fase grup.

Pada Piala AFF 2020 kemarin, Laos bahkan menjadi juru kunci Grup B dengan raihan 0 poin dari 4 pertandingan.

6. Timor Leste

Timor Leste menjadi salah satu kontestan yang selalu menjadi bulan-bulanan tim lain. Sama halnya dengan Laos, mereka juga belum pernah mengukir prestasi membanggakan di turnamen ini.

Akan tetapi, dalam Piala AFF 2022 ini mereka tidak tampil karena tidak lolos kualifikasi.

7. Indonesia

Terakhir ada Indonesia. Sepanjang keikutsertaannya dalam ajang Piala AFF, skuad Garuda belum pernah meraih gelar juara.

Berbeda dengan Thailand yang berstatus sebagai peraih gelar juara AFF terbanyak, Indonesia menjadi peraih Runner-up terbanyak dengan catatan 6x.

Terakhir kali di edisi AFF 2020, skuad Shin Tae-yong ditumbangkan Negeri Gajah Putih dengan agregat skor 6-2.

Pada Piala AFF 2022, sekali lagi Indonesia akan mencoba untuk memecah kebuntuan dan meraih gelar AFF pertamanya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)