Preview Thailand vs Filipina: Ambisi Gajah Perang Lanjutkan Hegemoni

Senin, 26 Desember 2022 - 17:03 WIB
loading...
Preview Thailand vs Filipina: Ambisi Gajah Perang Lanjutkan Hegemoni
Timnas Thailand menjamu Filipina dalam lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, Rangsit, Senin (26/12/2022)/Foto/Twitter/@changsuek
A A A
BANGKOK - Tim nasional (Timnas) Thailand menjamu Filipina dalam lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, Rangsit, Senin (26/12/2022) 19.30 WIB. Pasukan Gajah Perang berambisi menjegal The Azkals -julukan Timnas Filipina- demi memuluskan langkah ke semifinal.

Ini merupakan laga kedua bagi Timnas Thailand. Sebelumnya, tim polesan Alexandre Polking itu menang telak 5-0 atas Brunei Darussalam. Kemenangan itu menempatkan Gajah Perang di posisi pertama klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022.

Baca juga: Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Emoh Targetkan Berapa Gol yang Dicetak ke Gawang Brunei


Sementara bagi Timnas Filipina, ini merupakan laga ketiganya. The Azkals harus menelan kekalahan 2-3 dari Kamboja di laga perdananya. Kemudian mereka menang di laga kedua dengan menggiling Brunei Darussalam 5-1. Hasil ini membuat mereka duduk di posisi dua, kalah selisih gol dari Thailand.

Gelandang Timnas Thailand Peeradon Chamratsamee menegaskan timnya siap kembali meraup tiga angka setelah menang melawan Brunei Darussalam di laga pembuka. Chamratsamee menyumbang dua gol di laga itu.



"Sekarang semuanya kembali. Kami siap untuk pertandingan kedua yang akan dimainkan di rumah kami. Sangat senang mencetak dua gol di pertandingan pertama dan tim menang,” kata Chamratsamee.

Thailand berambisi melanjutkan hegemoninya atas Filipina. Thailand dan Filipina telah bertemu 10 kali di Piala AFF, dengan Gajah Perang menang delapan kali. Sementara dari lima pertemuan terakhir di semua kompetisi, Thailand belum pernah terkalahkan dengan menang sebanyak tiga kali dan imbang dua kali.

Sedangkan jika ditarik lebih ke belakang, Thailand telah memenangkan 16 dari 21 pertandingan sebelumnya dengan Filipina, dan hanya kalah tiga kali. Ketiga kekalahan Thailand dari Filipina terjadi dalam tiga pertemuan pertama mereka di awal 1970-an.

Tentu ini menjadi ujian berat bagi Timnas Filipina. Mereka harus berjuang habis-habisan untuk mengalahkan sang juara bertahan. Namun, hal itu bukan tidak mungkin terjadi karena bisa saja The Azkals secara mengejutkan bisa mengalahkan atau setidaknya menahan imbang Teerasil Dangda dan kolega.

Mengingat, performa Timnas Filipina juga tidak terlalu buruk kendati kedalaman skuadnya berisi mayoritas pemain muda. Justru motivasi yang dimiliki para pemain muda inilah yang harus diwaspadai oleh Thailand. Diprediksi, pertandingan akan berjalan sengit dan bukan tidak mungkin kalau laga akan berakhir imbang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)