Kapten Thailand Diplot Jadi Gelandang, Alexandre Polking Tiru Pep Guardiola?

Kamis, 29 Desember 2022 - 13:01 WIB
loading...
Kapten Thailand Diplot Jadi Gelandang, Alexandre Polking Tiru Pep Guardiola?
Kapten Timnas Thailand Theerathon Bunmathan/Foto/Twitter/@changsuek
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking melakukan sejumlah perubahan dalam strategi permainan. Dia mengubah posisi Kapten Thailand, Theerathon Bunmathan, dengan menggesernya ke lini tengah dari posisi asli sebagai bek kiri.

Theerathon merupakan seorang bek sayap kiri. Akan tetapi, ketika The War Elephant -julukan Thailand- mengalahkan Filipina 4-0 di laga Grup A Piala AFF 2022 pada awal pekan ini, dia ditugaskan Polking untuk mengisi pos gelandang bertahan.



Strategi tersebut membuat publik menduga Polking meniru taktik Pelatih asal Spanyol Pep Guardiola yang beberapa kali mengubah posisi bek sayapnya menjadi gelandang bertahan. Contohnya ada Phillip Lahm dan Joshua Kimmich ketika Guardiola masih melatih di Bayern Muenchen.

Yang teranyar adalah Oleksandr Zinchenko saat masih di Manchester City, yang kerap kali mengisi pos gelandang bertahan meski merupakan seorang bek sayap kiri. Akan tetapi, Polking menegaskan tak meniru strategi Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Dia mengungkapkan bahwa Theerathon memegang peran barunya bukan karena dia terinspirasi dari seorang Guardiola.



"Tidak ada urusannya dengan Pep Guardiola, Theerathon main di posisi itu (gelandang bertahan) di klubnya Buriram (United). Musim lalu juga sama dan kami sudah bicara, dia adalah pemain berpengalaman dan kapten tim," kata Polking dalam konferensi pers di Jakarta, pada Rabu (28/12/2022).

Lebih lanjut, juru taktik berdarah Jerman-Brasil itu menilai kehadiran Theerathon di lini tengah bakal membuat timnya semakin kuat untuk menguasai bola. Oleh karena itu, dia diduetkan oleh gelandang senior lainnya di skuad Thailand, yakni Sarach Yooyen.

"Kami berdiskusi apa yang terbaik untuk tim dan dari situ kami mengambil kesimpulan dia harus main di lini tengah bersama Sarach," ujar pelatih berusia 46 tahun itu.

"Kombinasi mereka sangat bagus, kontrol bola dan distribusi bolanya bagus. Dan itu mendukung permainan kami yang mengandalkan penguasaan bola,” imbuhnya.

Thailand akan melawan Indonesia dalam laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 pada Kamis (29/12/2022) pukul 17.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Mereka saat ini bercokol di puncak klasemen dengan torehan enam poin dari dual aga dan hanya unggul selisih gol dari Tim Merah-Putih.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)