Selain Cristiano Ronaldo, Ini Pemain Bintang Dunia yang Pernah Berkarier di Asia

Sabtu, 31 Desember 2022 - 21:00 WIB
loading...
Selain Cristiano Ronaldo, Ini Pemain Bintang Dunia yang Pernah Berkarier di Asia
Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr. Ini menambah panjang daftar pemain bintang dunia yang pernah berkarier di Asia. Foto: Twitter
A A A
RIYADH - Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr. Ini menambah panjang daftar pemain bintang dunia yang pernah berkarier di Asia.



Ini menjadi kabar yang mengejutkan. Sebab, mantan pemain Manchester United diyakini akan meramaikan kompetisi Eropa hingga pensiun.

Meski demikian, Ronaldo bukan pemain beken pertama yang hijrah ke Benua Kuning. Sebelumnya, banyak bintang-bintang dunia yang pernah membela klub Asia. Berikut daftarnya:



9. Michael Essien (Persib Bandung)

Essien pernah membela tiga klub papan atas Eropa sepanjang kariernya. Mantan gelandang asal Ghana itu sempat berseragam Chelsea, Real Madrid dan AC Milan.

Dia lalu membuat heboh Indonesia lantaran bergabung bersama Persib Bandung pada 2017. Walau hanya bertahan selama semusim, dia tercatat tampil 29 kali dan mencetak lima gol di Liga 1.

8. James Rodriguez (Al-Rayyan)

Rodriguez menjadi bintang saat bermain di Real Madrid dan Bayern Muenchen. Setelah sempat mampir ke Everton, dia bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Rayyan pada 2021-2022.

Di tahun 2022, gelandang serang asal Kolombia itu kembali ke Eropa. Dia memilih bergabung dengan Olympiacos.

7. Fabio Cannavaro (Al-Ahli)

Pemain yang membawa Italia juara Piala Dunia 2006 menutup kariernya dengan bermain di klub Arab Saudi, Al-Ahli pada 2010. Setahun berikutnya, mantan bek Juventus dan Real Madrid itu pensiun pada Juli 2011.

6. Carlos Tevez (Shanghai Shenhua)

Mantan penyerang Argentina itu mewarnai kariernya bermain dengan klub-klub papan atas seperti Manchester United hingga Juventus. Dia pun sempat mampir di klub China, Shanghai Shenhua pada 2016-2018.

5. Andres Iniesta (Vissel Kobe)

Iniesta menjadi satu di antara legenda Barcelona yang berkarir di Asia. Mantan playmaker asal Spanyol itu bergabung dengan klub Jepang, Vissel Kobe pada 2018 setelah 16 tahun bersama Blaugrana.

4. Xavi Hernandez (Al Sadd)

Sebelum Iniesta, Xavi lebih dulu berlabuh ke klub Asia yakni Al Sadd dari Arab Saudi pada 2015. Dia bertahan sebagai pemain di klub itu selama empat tahun. Sampai akhirnya dia pensiun pada 2019 dan kini menjadi pelatih Barcelona.

3. David Trezeguet (FC Pune City)

Bintang Timnas Prancis di era 1998-2008 ini mengakhiri karirnya dengan bergabung klub India, Pune City pada 2014. Hanya bertahan satu tahun, dia pun memutuskan pensiun pada Januari 2015.

2. Alessandro Del Piero (Delhi Dynamos)

Legenda Juventus dan Timnas Italia itu bergabung dengan klub India Delhi Dynamos dari Sydney FC pada 2014. Maestro tendangan bebas itu hanya bergabung satu tahun hingga akhirnya pensiun pada Oktober 2015.

1. Cristiano Ronaldo (Al-Nassr)

Ini adalah kejutan terbaru di dunia sepak bola. Peraih lima kali Ballon d’Or bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr setelah didepak dari Manchester United.

Pihak klub mencetak rekor transfer dunia untuk mendatangkan Ronaldo yakni 350 juta poundsterling atau sekitar Rp6,5 triliun.

Ronaldo akan menerima gaji sebesar 177 juta poundsterling atau sekitar Rp3,3 triliun per tahun hingga 2025.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)