Hebat, Atlet Berkuda Nusrtdinov Zayan Fatih Harumkan Nama Indonesia di Eropa

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:03 WIB
loading...
Hebat, Atlet Berkuda Nusrtdinov Zayan Fatih Harumkan Nama Indonesia di Eropa
Atlet cilik berkuda Indonesia, Nusrtdinov Zayan Fatih yang masih berusia 12 tahun, sukses menghadapi kompetisi di daratan Eropa dengan keberhasilan meraih beberapa gelar juara dari tiga kejuaraan berkuda yang diikutinya / Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Atlet cilik berkuda Indonesia, Nusrtdinov Zayan Fatih yang masih berusia 12 tahun, sukses menghadapi kompetisi di daratan Eropa dengan keberhasilan meraih beberapa gelar juara dari tiga kejuaraan berkuda yang diikutinya. Dinov sapaan akrabnya yang bertolak ke Benua Biru sejak 20 Desember 2022 bersama keluarganya, langsung berjibaku dalam pertandingan nasional, elite dan internasional bergengsi level Eropa.

Rangkaian kompetisi ini merupakan kali pertama dalam perjalanan karier Dinov sejauh ini. Kesuksesan tersebut tak hanya berdampak positif bagi Dinov sendiri, namun juga turut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebagai catatan, di Eropa terdapat enam kelas kejuaraan berkuda, yaitu kelas Intenal Club, Lokal, Regional, Nasional, Elite dan Internasional.

Kejuaraan Berkuda Kelas Elite, Green Valley X-Master menjadi kejuaraan berkuda pertama yang diikutinya. Walaupun hanya satu hari berlatih dan mengenal kuda-kuda barunya, Dinov sukses menjalani debut pertamanya itu.

BACA JUGA: Jadwal Wakil Indonesia di Laga Pertama Malaysia Open, Selasa (10/1/2023): Ginting dan Jojo Siap Beraksi

Berpasangan dengan dua kudanya yakni Ineke T dan La Nessa, di kejuaraan berkuda yang digelar di Green Valley Estate Kota Deurne, Belanda pada 22-23 Desember 2022, Dinov berhasil meraih gelar juara pertama dan kedua di kelas Show Jumping 95 Cm berturut-turut pada 22 dan 23 Deember.

Pada kelas rintangan yang lebih tinggi yaitu Show Jumping 110cm, Dinov kembali menjadi pemenang terbaik pertama di antara hampir 50 peserta. Pada kejuaraan kelas elite ini Dinov juga merasakan persaingan keras saat harus bersaing dengan 77 peserta yang datang dari berbagai negara di kelas Show Jumping 115 cm.

Namun demikian, atlet cilik berkuda masa depan Indonesia dari DNV Equestrian ini masih mampu meraih gelar peringkat lima terbaik di kelas tersebut setelah bersaing dengan para profesional dan atlet nasional Eropa dan Asia.

BACA JUGA: Performa Anjlok Usai Kampiun All England 2022, Bagas/Fikri: Itu Jadi Pelajaran

Berlanjut ke Kejuaraan Berkuda Indoor Beukers 2022 yang dihelat di Manege Beukers, Oudkarspel Belanda pada 29 Desember 2022, Dinov kembali membukukan prestasinya dengan meraih gelar juara kedua di kelas Show Jumping 110cm. Pada kejuaran berkuda level nasional Belanda tersebut, dalam udara dingin yang menusuk dan angin yang kencang selama persiapan, Dinov kembali harus bersaing ketat dengan 42 peserta level nasional yang juga berasal dari beberapa negara di benua Eropa.

Perjalanan kompetisi di Eropa bagi Dinov pun akhirnya ditutup dengan partisipasinya di kejuaraan Show Jumping Sentower Park New Year Tour Week 1 yang diselenggarakan di Sentower Park, Opglabbeek, Belgia pada 5-8 Januari 2022. Kejuaraan berkuda tersebut sekaligus menjadi kejuaraan berkuda tingkat internasional pertama yang diikuti Dinov dan menjadi yang terberat mengingat para peserta yang berpartisipasi merupakan atlet-atlet terbaik yang berlaga mewakili negara-negara di Eropa, Amerika, Afrika dan Asia dengan kuda-kuda yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)