Shin Tae-yong Disebut Cuma Cari Alasan Salahkan Rumput Stadion My Dinh

Selasa, 10 Januari 2023 - 22:06 WIB
loading...
Shin Tae-yong Disebut Cuma Cari Alasan Salahkan Rumput Stadion My Dinh
Shin Tae-yong (kiri) meminta maaf kepada masyarakat Tanah Air karena Timnas Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
A A A
HANOI - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong , menyebut kondisi lapangan Stadion My Dinh menjadi salah satu faktor kekalahan anak asuhnya dari Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Akan tetapi, mantan pelatih Thailand, Steve Darby merasa alasan Shin Tae-yong tidak masuk akal.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB. Dua gol yang dicetak Nguyen Tien Linh (3’ dan 47’) itu mengubur mimpi Skuad Garuda untuk menjuarai Piala AFF 2022.



Namun setelah pertandingan, Shin Tae-yong mengeluhkan kondisi lapangan Stadion My Dinh. Pelatih Timnas Indonesia itu bahkan membandingkan dengan kualitas rumput yang dimiliki Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tempat berlangsungnya leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Darby pun mengakui kalau kualitas Stadion My Dinh saat ini jauh lebih buruk. Namun menurutnya, hal tersebut bukanlah alasan yang membuat Timnas Indonesia kalah.

Eks pelatih Timnas Thailand itu menilai kalau Shin Tae-yong hanyalah berkelit. Sebab, baik Vietnam maupun Indonesia telah melakukan uji coba dengan gelar official training sebelum pertandingan yang mana hal ini seharusnya sudah dimanfaatkan dengan baik oleh masing-masing pemain.

“Memang benar permukaan lapangan Stadion My Dinh beberapa tahun belakangan ini terlihat jelek, tidak seindah dulu. Saya memimpin Thailand di sana pada 2009, dan lapangannya bagus,” kata Darby, dikutip dari VnExpress, Selasa (10/1/2023).

“Tapi menurut saya kualitas lapangan tidak menyebabkan Indonesia kalah, dan alasan Shin tidak meyakinkan. Lapangan adalah kondisi umum bagi kedua tim, dan mereka harus beradaptasi. Selanjutnya, kedua tim melakukan sesi latihan pada malam sebelumnya,” lanjutnya.

“Orang yang paling terpengaruh oleh lapangan adalah para suporter karena jelas mempengaruhi kualitas permainan,” tutupnya.

Sekadar informasi, Timnas Vietnam akan menghadapi Thailand di partai final Piala AFF 2022. Gajah Perang memastikan langkahnya itu setelah kalahkan Malaysia dengan skor agregat 3-1.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)