5 Pemain yang Mengubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF

Rabu, 18 Januari 2023 - 17:00 WIB
loading...
5 Pemain yang Mengubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF
Timnas Indonesia belum kunjung mengakhiri dahaga gelar di Piaal AFF 2022 setelah hanya mampu berada sebagai semifinalis di kompetisi antarnegara ASEAN tersebut / Foto: Kolase
A A A
Timnas Indonesia belum kunjung mengakhiri dahaga gelar di Piaal AFF 2022 setelah hanya mampu berada sebagai semifinalis di kompetisi antarnegara ASEAN tersebut. Ada beberapa pemain yang tercatat mengubur mimpi Skuad Garuda meraih gelar juara sejak berpartisipasi pada 1996.

Selama perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF, posisi terbaik yang pernah diraih Skuad Garuda berada sebagai runner up sebanyak enam kali. Itu terjadi pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020. Lantas, siapa saja pemain yang mengubur mimpi Timnas Indonesia merebut gelar juara Piala AFF?

BACA JUGA: AC Milan vs Inter Milan: Ambisi Pioli di Final Supercoppa Italiana 2022

Berikut Daftar 5 Pemain yang Mengubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF:

1. Worrawoot Srimaka
Worrawoot Srimaka adalah eks pemain sepak bola Thailand yang sangat cemerlang di masanya. Pria kelahiran Songkhla, 8 Desember 1971 ini memulai kariernya ketika berusia 20 tahun dengan bermain untuk Thai Farmers Bank. Kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar juga berhasil mengantarkan Worrawoot Srimaka sebagai pemain timnas dan membawa Thailand juara Tiger Cup (AFF) tahun 2000.

Srimaka merupakan salah satu pemain yang cukup merepotkan para penggawa timnas. Bahkan, ia termasuk yang mengubur mimpi timnas di ajang Piala AFF. Jika diperhatikan, ia sudah 6 kali menjebol gawang Indonesia. Gol pertamanya ia cetak ketika berlaga untuk memperebutkan tempat ketiga Piala AFF 1998. Sementara, pada Piala AFF 2000, Srimaka berhasil mencetak 5 gol yang terdiri dari 2 gol di babak fase grup dan hattrick di partai final. Dengan begitu, Thailand mampu menang 4-1 atas Indonesia di babak final.

2. Teerasil Dangda
Teerasil Dangda juga menjadi pemain asing yang mengubur mimpi Indonesia untuk menjuarai Piala AFF. Pesepak bola asal Thailand ini adalah penyerang yang sangat aktif mencetak gol. Tampil 111 kali bersama timnas Thailand, Teerasil Dangda berhasil mencetak 48 gol.

Gol yang ia cetak juga menyasar gawang Indonesia di Piala AFF 2016. Indonesia kala itu tergabung dengan Thailand di grup A, bersama dengan Filipina dan Singapura. Di partai awal, timnas Indonesia yang diperkuat Boaz Solossa dan kolega dikalahkan Thailand dengan skor 2-4. Teerasil Dangda tercatat mencetak 3 gol pada menit 26, 79, dan 94 (tambahan waktu). Kedua tim ini kembali bertemu di partai puncak, di mana Indonesia berhasil menang 2-1 pada leg pertama. Teerasil Dangda tetap tampil sangat apik dan menyumbang 1 gol untuk negaranya.

3. Siroch Chatthong
Siroch Chatthong mengandaskan mimpi timnas Indonesia ketika bermain di leg kedua laga final Piala AFF 2016. Meskipun menang 2-1 di leg pertama, Indonesia tetap tidak bisa memboyong trofi Piala AFF 2016 karena kalah 0-2 di leg kedua. Kedua gol Thailand itu dicetak oleh Siroch Chatthong pada menit 38 dan 47. Praktis, gol Siroch Chatthong tersebut membuat pemain timnas tidak berdaya dengan torehan gol tersebut.

Siroch Chatthong adalah pemain kelahiran Surin, 8 Desember 1992. Nama pesepak bola yang akrab disapa Pipo ini mulai meroket kala ia bergabung dengan klub Nakhon Ratchasima dan bermain di Liga 1 Thailand.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3272 seconds (0.1#10.140)