Rio Haryanto Bertugas Jadi Mentor Esteban Ocon di GP Belgia

Rabu, 24 Agustus 2016 - 16:00 WIB
Rio Haryanto Bertugas Jadi Mentor Esteban Ocon di GP Belgia
Rio Haryanto Bertugas Jadi Mentor Esteban Ocon di GP Belgia
A A A
JAKARTA - Meski sudah bukan pembalap utama tim Manor Racing, Rio Haryanto tetap berangkat ke Belgia untuk mendukung timnya tampil di race ke-13 Formula 1 (F1) 2016. Menurut keluarga, Rio punya tugas memberi masukan kepada pembalap Esteban Ocon.

Ocon (19 tahun) ditunjuk menggantikan posisi Rio di tim utama Manor pada 10 Agustus 2016 lalu, menyusul keterbatasan dana pembalap asal Solo. Ocon bakal melakoni debutnya di Formula 1 dengan menggunakan mobil Manor MRT05 yang sebelumnya digunakan Rio pada paruh pertama musim ini.

"Mobil yang bakal dikendarai Esteban adalah yang dipakai Rio Haryanto sebelumnya meskipun settingan mobil itu diubah lagi. Yang perlu dicatat adalah kedua pembalap Manor Racing sekarang ini adalah pembalap binaan Mercedes dan mesinnya juga Mercedes," kata ibunda Rio, Indah Pennywati saat dihubungi wartawan.

Tugas baru Rio Haryanto bersama tim balap Manor Racing sebetulnya cukup disayangkan oleh manajernya sendiri, Piers Hunnisett. Dalam kesempatan beberapa waktu lalu, Piers mengatakan bahwa Rio seharusnya masih bisa tampil sebagai pembalap utama hingga akhir musim jika saja Mercedes tidak campur tangan.

Piers mengatakan, di tengah permasalahan dana yang dihadapi Rio dan Manor Racing, Mercedes datang memberikan uang 1-4 juta Euro kepada Manor agar Ocon bisa melakoni debut di Formula 1. (Baca juga: Ada Campur Tangan Mercedes dalam Nasib Rio Haryanto)

Meski begitu, Rio sendiri mengaku sudah siap memetik pelajaran lain dari peran barunya sebagai reserve driver di tim Manor Racing. Rio berharap segera menemukan tim baru untuk kembali tampil di lintasan balap Formula 1.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5420 seconds (0.1#10.140)