Resmi Digelar, Peparnas Usung Semangat Kesetaraan

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 20:08 WIB
Resmi Digelar, Peparnas Usung Semangat Kesetaraan
Resmi Digelar, Peparnas Usung Semangat Kesetaraan
A A A
BANDUNG - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat resmi digelar, Sabtu (15/10/2016) sore. Pembukaan ditandai bunyi sirine yang dilakukan Ketua Umum PB Peparnas XV Ahmad Heryawan, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan sejumlah pejabat lainnya di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Upacara pembukaan diwarnai pesta kembang api, tarian ratusan siswa sekolah umum dan siswa sekolah luar biasa (SLB), hingga video mapping. Menpora Imam Nahrawi berharap Peparnas menjadi ajang silaturahmi sekaligus tempat untuk menuai prestasi. Dia pun mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet.
Resmi Digelar, Peparnas Usung Semangat Kesetaraan

"Saya berharap jadikanlah Peparnas XV ini sebagai ajang silaturahim untuk memupuk semangat dan untuk menatap masa depan Indonesia," tuturnya.

"Terbanglah Garudaku Mendunia. Berjayalah di Tanah Legenda. Dengan mengucapkan Bismillah, Peparnas XV/2016 Jawa Barat secara resmi kami nyatakan dibuka," ujar Imam.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum PB Peparnas XV Ahmad Heryawan (Aher) bersyukur atas terselenggaranya Peparnas. Dia berharap penyelenggaraan Peparnas bisa sesukses Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX.

"Harapan, antusiasme, dan optimisme bergelora dalam hati dan pikiran kami. Sebagaimana penyelenggaraan PON XIX, maka penyelenggaraan Peparnas XV pun akan dapat terselenggara dengan lancar, sukses, meriah, dan penuh prestasi," kata Aher.
Resmi Digelar, Peparnas Usung Semangat Kesetaraan

Melalui Peparnas, dia juga ingin menekankan adanya semangat kesetaraan. Para atlet difabel diberikan kesempatan sama untuk menuai prestasi dalam bidang olahraga.

Berdasarkan data terbaru, dalam Peparnas ada 13 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 605 nomor pertandingan. Sebanyak 605 medali emas, 605 medali perak, dan 935 medali perunggu akan diperebutkan oleh 1.983 atlet.

Total venue yang digunakan ada 13 lokasi yang seluruhnya ada di Kota Bandung. Di luar itu, ada satu stadion yang dipakai khusus untuk prosesi pembukaan dan penutupan Peparnas yaitu Stadion Siliwangi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7871 seconds (0.1#10.140)