Tiap daerah didorong memiliki Satlat

Senin, 07 Januari 2013 - 13:37 WIB
Tiap daerah didorong memiliki Satlat
Tiap daerah didorong memiliki Satlat
A A A
Sindonews.com - Tarung Derajat Jateng berhasil memenuhi targetnya dengan meraih juara umum tarung derajat di PON XVIII Riau. Jateng berhasil meraih 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Namun, meski begitu, sebenarnya pembinaan Petarung-petarung Jateng kurang maksimal, terutama di tingkat daerah.

Hal ini disebabkan karena hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah belum memiliki satuan latihan (Satlat) Tarung Derajat yang terstandart. Selama ini, di Jawa Tengah baru memiliki satu satlat yang sesuai standar yakni Satlat Patriot yang terletak di Jl MT Haryono, Semarang.

Dengan belum adanya satlat yang sesua standar di tiap daerah, Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jateng terus mendorong dibentuknya satuan latihan (satlat) terstandar di tiap daerah.

"Dengan satlat yang sesuai dengan standar, diharapkan pembinaan dan latihan petarung di pengkab/pengkot bisa lebih maksimal," ujara Ketua Harian Kodrat Jateng PI Soegiharto.

Soegiharto mengatakan, di tahun 2013 ini, pembentukan satlat di setiap daerah menjadi agenda utama Pengrov Kodrat Jateng selain kualifikasi Pra Porprov dan Porprov di Banyumas Oktober mendatang. Pihaknya menargetkan minimal ada satu satuan latihan di Kota/Kabupaten yang dijadikan proyek percontohan.

Dia mengaku, pembentukan satlat yang terstandar di setiap daerah sangat penting untuk pembinaan atlet-atlet muda di daerah. Ia berharap dengan adanya satlat percontohan ini, pengkab/pengkot Kodrat bisa mencontoh tempat latihan tersebut.

“Sudah seharusnya satuan latihan yang ada di daerah mempunyai standar baku pembinaan, misalnya mempunyai alat pelindung badan dan kepala serta sansak. Selain itu, juga memerlukan manajemen yang bagus,” imbuhnya.

Dengan standarisasi satlat ini, selain untuk semakin meningkatkan pembinaan atlet-atlet di daerah, juga untuk menarik minat masyarakat guna menekuni olahraga Tarung Derajat, sehingga regenerasi atlet tarung derajat dapat terus dilakukan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)