Cermati kepindahan atlet

Senin, 19 Agustus 2013 - 00:18 WIB
Cermati kepindahan atlet
Cermati kepindahan atlet
A A A
Sindonews.com - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banyumas yang akan digelar 8-12 Oktober mendatang, diprediksi menciptakan peluang munculnya atlet-atlet dari luar provinsi yang ingin ikut bersaing.

Wakil Ketua II KONI Jateng Hartono mengatakan, adanya atlet dari luar Provinsi yang bakal ikut bersaing, sudah terlihat pada pra Proprov. Salah satunya yang diketahui adalah untuk cabang olah raga karate ada atlet dari Jatim yang mengikuti babak kualifikasi Porprov dan ternyata lolos.

Oleh sebab itu, KONI Jateng meminta kepada pengurus Provinsi (pengprov) masing-masing cabor untuk mencermati legitimasi atlet peserta (Porprov) 2013. Legitimasi tidak hanya pada surat keterangan pindah, KTP dan KK, tetapi juga pada surat pelepasan dari Pengprov atau KONI setempat.

“Jangan sampai ada atlet dari provinsi lain yang di arena Porprov, namun ketika akan dibutuhkan Jateng untuk even nasional seperti PON, tak bisa dimainkan lantaran administrasi kepindahannya menyalahi prosedur,” Kata Hartono.

Hartono mengaku, tidak “alergi” dengan atlet luar Provinsi lain yang masuk ke Jateng, asalkan masuknya sesuai dengan prosedur yang sudah ada. Dengan prosedur yang benar, maka Atlet yang masuk maka akan secara resmi menjadi atlet Jawa Tengah.

Dia mencontohkan, salah satu atlet yang masih terkendala masalah administrasi adalah Ignatius yang merupakan atlet renang, dan kini menghuni Pelatnas SEA Games. Namun ternyata atlet tersebut belum dilepaskan oleh KONI Kaltim, sehingga mengalami kendala.
“Contoh lain kita juga kedatangan atlet dari Jambi, Okky Ardianto. Tapi juga tak langsung menerima sebelum administrasinya beres,'' kata sekum Pengprov FORKI itu.

Menurut Hartono, kecermatan status harus dilakukan mulai dari sekarang, agar pada PON XIX 2016 mendatang para atlet tidak terkendala masalah status yang bisa membuat atlet yang bersangkutan tidak bisa diterjunkan.

“Jangan sampai pegalaman pada PON Riau lalu, terulang kembali. Dan pada prinsipnya, kami ingin keabsahan atlet Jateng benar-benar sah,” katanya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3875 seconds (0.1#10.140)