Nasi Kotak Atlet Terdeteksi Bakteri Salmonella

Senin, 22 September 2014 - 14:41 WIB
Nasi Kotak Atlet Terdeteksi Bakteri Salmonella
Nasi Kotak Atlet Terdeteksi Bakteri Salmonella
A A A
INCHEON - Kinerja penyelenggara Asian Games 2014, Incheon. Korsel patut diacungi jempol. Pasalnya mereka berhasil mencegah potensi keracunan makanan secara massal, setelah bakteri salmonella terdeteksi pada kotak makan siang yang disiapkan untuk atlet.

Salmonella ini terdeteksi oleh petugas keamanan pangan Korea Selatan yang bertugas mengawasi makanan atlet yang disediakan oleh perusahaan katering. Penyakit yang biasa menyerang saluran pencernaan dan diakibatkan oleh bakteri Salmonella, ditemukan dalam daging pada kotak makanan atlet yang disediakan oleh katering makanan, Minggu (21/9) kemarin.

Menurut juru bicara pihak penyelenggara, sebanyak 76 kotak makan siang yang sudah disiapkan oleh pihak katering segera dibuang. Tak ingin kejadian serupa kembali terulang, pihak penyelenggara langsung mengambil sikap dengan mengganti perusahaan katering tersebut. Kebijakan ini diambil guna mengantisipasi potensi keracunan pada atlet sewaktu mengikuti ajang multi event ini.

"Ini adalah kebijakan kami untuk memutus kerja sama dengan perusahaan katering ketika satu sampel ditemukan telah terkontaminasi. Kami telah memutuskan untuk mengganti perusahaan katering makanan tersebut. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terulangnya peristiwa kurang mengenakkan ini," demikian pernyataan jubir pihak penyelenggara Asian Games XVII dikutip Yahoo, Senin (22/9).

Ada tiga cabang olahraga yang meminta agar makan siang dikemas dalam sebuah kotak, yakni atlet yang bersaing di cabor tembak, angkat besi dan sepak takraw. Setelah adanya kejadian tersebut, sejumlah atlet ini harus menunggu selama beberapa jam dan sambil menunggu pihak panitia menyiapkan roti dan susu sebagai gantinya (sebelum makanan datang).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9226 seconds (0.1#10.140)